Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA EXPLOISION BOX TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAKELAS IV SD N TOSARI 1 BRANGSONG KENDAL
Diah Ayu Ciptaning Kusumawati, Ernawati Saptaningrum

Last modified: 2018-09-07

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa berdasarkan pelaksanaan pembelajaran tematik khususnya tema kayanya negeriku,bahwa pembelajaran menunjukkan banyak permasalahan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang jauh dari standar, guru lebih menekankan pada metode yang mengaktifkan guru, pembelajaran yang dilakukan guru kurang kreatif, lebih banyak menggunakan metode ceramah dan kurang mengoptimalkan media pembelajaran, sehingga siswa kurang kreatif dalam pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantu media Exploision Box. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif. Penelitian ini menggunakan bentuk desain Pre Experimental Design yang digunakan adalah bentuk One Group Pretest- Posttest Design yaitu hanya satu kelas yang digunakan sebagai subjek penelitian. Peneliti hanya membandingkan nilai pretest-posttest siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantu Exploision Box. Uji analisis penelitian ini menggunakan uji paired samples t-test, sebelum dilakukan ujipaired samples t-test. Uji normalitas nilai pretest dan posttest dilakukan dengan manual dan bantuan Microsoft Excel maka diperoleh nilai L0= 0,134 untuk pretest, dan L0 = 0,131 untuk posttest. Sehingga nilai pretest maupun posttest merupakan nilai yang berdistribusi normal. Selanjutnya uji paired samples t-testyang dihitung dengan bantuan Microsoft excel dan manual didapatkan nilai  dan . Karena  maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share Berbantu media Exploision Box efefktif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD N Tosari 1 Kendal Brangsong. Simpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan hasil belajar sebelum siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantu Exploision Box dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantu Exploision Box. Hal tersebut terbukti dengan nilai rata-rata post test lebih besar dari pada nilai rata-rata pre test. (2) Hasil belajar menggunakan model pemebelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantu media Exploision Box mencapai KKM dengan rata-rata 79,8 dan ketuntasan klasikal sebanyak 80% siswa tuntas.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Think Pair Share, Hasil Belajar

 

Abstract: The background of this research is the result of observation and researcher’s experiences. She found that tematik learning process of theme entitled How Rich My Country showed many problems in teaching learning process are not good standardization. The teacher only focus on teaching as a center method, learning process happened no more creative, more dominant in speech method and less in learning media optimalization, it makes students learning process are not creative. One of treatment to resolve that problem is using Cooperative Learning Model Type Think Pair Share with Exploision Box. This research is quantitative research experiment. This research use Pre Experimental Design, that is One Group Pretest-Posttest Design. It is only use one class for research subject. The researcher comparing pre test and post test score, those are before and after score of the researcher using Think Pair Share with Exploision Box learning model. Method of analysis is paired samples t-test before do the test of paired samples t-test. The examination of pretest and posttest scoring do with manual and using Microsoft Excel program, that can find L0= 0,134 for pretest and L0 = 0,131 for posttest. Because of pretest or posttest is the normal distribution score. Then, the paired samples t-test counted with Microsoft Excel and manual. So, H0 rejected and Ha received. So, it can concluded that Cooperative Learning Model Type Think Pair Share with Exploision Boxare effectivefor fourth students in State Primary School of 1 Tosari Brangsong Kendal. The conclusion of this research are: (1) the differences of students learning result before using Cooperative Learning Model Type Think Pair Share with Exploision Boxand after using Cooperative Learning Model Type Think Pair Share with Exploision Box. That is evident with posttest score more high than pretest. (2) The result of using Cooperative Learning Model Type Think Pair Share with Exploision Boxget score in 79,8 and the classical completeness in 80% students getting success.

Keywords: Think Pair Share Learning Model, Learning Result.


Full Text: PDF