Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAMATERI PESAWAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SDN TOSARI 1 BRANGSONG KENDAL
Pipit Handayani, Ernawati Saptaningrum, Kiswoyo Kiswoyo

Last modified: 2018-09-06

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan model make a match berbantu media gambar terhadap penilaian hasil belajar pada materi pesawat sederhana. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Designs Bentuk desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Tosari 1 Brangsong Kendal. Teknik sampling yang digunakan yaitu Nonprobability. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan model make a matchberbantu media gambardan setelah menggunakan model make a match berbantu media gambar pada materi pesawat sederhana, hal ini didukung oleh terjadinya peningkatan hasil belajar siswa kelas V sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan yaitu sebesar 18,00. Hal ini juga berdasarkan analisis data menggunakan uji-t diperoleh thitung> ttabel yaitu 15,975> 2,001 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model make a match berbantu media gambar efektif terhadap penilaian kognitif materi pedawat sederhana.

Kata kunci: Keefektifan, Model Make A Match, Media Gambar, Hasil Belajar


ABSTRACT: The purpose of this research is to know the effectiveness of model make a match assisted media images to the assessment of learning outcomes on simple plane materials. The type of this research is quantitative with Pre-Experimental Designs design The research design used is one-group pretest-posttest design. The population of this research is all students of class V SD Negeri Tosari 1 Brangsong Kendal. Sampling technique used is Nonprobability. The data in this research is obtained through test and non-test techniques. Based on the results of research that has been done can be concluded that there are differences in student learning outcomes before using the model make a match assisted media images and after using the model make a match assisted media images on simple plane materials, this is supported by the increase in student learning outcomes class V before treatment and after treatment that is equal to 18,00. It is also based on data analysis using t-test obtained thitung>ttable that is 15,975> 2,001 then H0 rejected and Ha accepted. Based on the result of the research, it can be concluded that the make a match model helps the effective image to the cognitive assessment of simple pedawat material

Keywords: Effectiveness, Make A Match Model, Image Media, Learning Outcomes

 


Full Text: PDF