Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT MENGGUNAKAN MEDIA TEKATEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS 3 SDN SENDANGMULYO 01 SEMARANG
Muzaki Muzaki, Mei Fita Asri Untari, Ahmad Nashir Tsalatsa

Last modified: 2018-09-06

Abstract


Tujuan yang hendak dalam penelitian  ini adalah untuk mengetahui adalah  Pengaruh Model Team Games Tournament menggunakan Media Teka Teki Silang Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar pada Pembelajaran Ipa Siswa Kelas 3 SDN Sendangmulyo 01 Semarang. Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  kuantitatif  dalam  bentuk  Pre-Experimental  Design dengan  desain  One  Group  Pretest  Posttest.  Teknik analisisi data dengan analisisi data awal (pretest) dan analisis data akhir (pretest) yang menggunakan uji normalitas dan uji beda t-test. Untuk analisisi motivasi belajar siswa menggunakan uji analisisi data observasi motivasi belajar. Untuk rata-rata nilai tes sebelum diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament menggunakan Media Teka Teki adalah 60,5 dengan 9 siswa yang dinyatakan tuntas dan 21 siswa yang dinyatakan tidak tuntas. Setelah diberi perlakuan dengan model pembelajaran Team Games Tournament menggunakan Media Teka Teki rata-rata hasil belajar nilai rata-rata posttest adalah 81 dengan 25 siswa yang dinyatakan tuntas dan 5 siswa yang dinyatakan tidak tuntas.  Untuk presentase kenaikan hasil belajar adalah 20,5 %. Hal tersebut diperkuat dengan hasil perhitungan uji t hasil belajar diperoleh thitung =33,395 db N-1 = 30-1= 29 dengan taraf signifikan 5% sebesar 2,045  karena thitung >ttabel (33,395 >2,045) dan Untuk motivasi belajar siswanya diberi nilai 75 dengan keterangan Baik maka hal ini menunjukan bahwa uji t hasil belajar signifikan. Meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa dikarenakan saat proses pembelajaran siswa ikut berpartisipasi dan lebih memperhatikan saat pembelajaran berlangsung dan motivasi belajar baik karena pembelajaran yang menyenangkan, yang dimana pada proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament menggunakan Media Teka Teki Silang.

Kata kunci : Team Games Tournamen, Teka Teki Silang, Hasil belajar, motivasi belajar

 

Abstract: The purpose of this research is to know is the Influence of Model Team Tournament Team using Media Puzzle Crossword Against Learning Outcomes and Motivation Learning on Learning Ipa Students Class 3 SDN Sendangmulyo 01 Semarang. This type of research is quantitative research in the form of Pre-Experimental Design with One Group Pretest Posttest design. Data analisisi technique with pretest data analysis and pretest analysis using normality test and t-test different test. For the student's motivation analysis analisisi use test of observation data observation of motivation learn. For the average test scores before being treated using Teams Games Tournament learning model using Media Puzzle is 60.5 with 9 students who are declared complete and 21 students who are declared unfinished. After being treated with Teams Games Tournament learning model using Media Puzzle average learning outcomes average posttest score is 81 with 25 students who are declared complete and 5 students who are declared unfinished. For the percentage increase in learning outcomes is 20.5%. This is reinforced by the result of t-test result of learning result obtained tcount = 33,395 db N-1 = 30-1 = 29 with 5% significant level of 2.045 for tcount> ttable (33,395> 2.045) and For student's learning motivation given value 75 with description Well then this shows that t test of learning result is significant. Increasing the average value of student learning outcomes due to the learning process students participate and more attention when learning takes place and good learning motivation because learning is fun, which in the learning process using the learning model Team Games Tournament using Media Teka Teki Silang.

Keywords: Team Games Tournament, Crossword Puzzle, Learning Outcomes, Learning Motivation


Full Text: PDF