Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS – ACHIEVEMENT DIVISIONS DAN NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN JOMBLANG 01
Levina Ayu Lestari, Ali Shodiqin, Ikha Listyarini

Last modified: 2018-09-06

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Student Teams - Achievement Divisions dan Numbered Heads Together Berbantu Media Audio Visual terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Jomblang 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian post test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yaitu kelas VA, VB, dan VC yang masing-masing berjumlah 35,35 dan 36 siswa dengan menggunakan teknik samplingNonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Hasil penelitian diketahui rata-rata nilai siswa kelas dengan model pembelajaran STAD berbantu media audio visual sebesar 85,86, kelas dengan model pembelajaran NHT berbantu media audio visual sebesar 81,71 dan rata-rata nilai pada kelas kontrol sebesar 75,69. Hasil perhitungan uji hipotesis 1 diperoleh Fhitung = 10,920> Ftabel = 3,204. maka terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembeajaran STAD berbantu media audio visual, model pembelajaran NHT berbantu media audio visual dan konvensional. Hipotesis 2 diperoleh thitung = 4,400> ttabel= 1,67 maka prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembeajaran STAD berbantu media audio visual  lebih baik daripada konvensional. Hipotesis 3 diperoleh thitung = 2,685> ttabel= 1,67 maka prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembeajaran NHT berbantu media audio visual lebih baik daripada konvensional. Hipotesis 4 diperoleh thitung = 1,881> ttabel= 1,67 maka prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembeajaran STAD berbantu media audio visual lebih baik daripada model NHT berbantu media audio visual.Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran mengunakan model pembelajaran STAD dan NHT berbantu media audio visual di SD Negeri Jomblang 01 lebih efektif daripada pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Teams - Achievement Divisions dan Numbered Heads Together,Media Audio Visual,Prestasi Belajar, Pelajaran Matematika Volume Kubus dan Balok

Abstract:This study aims to determine the effectiveness of learning models Student Teams - Achievement Divisions and Numbered Heads Together Assisted Audio Visual Media on Student Achievement of Mathematics Student Class V SDN Jomblang 01. This research type is quantitative research with post test only control design research design. The population in this study are the students of class V that is the class of VA, VB, and VC which each amounted to 35.35 and 36 students by using sampling technique Nonprobability sampling with saturated sampling type. The result showed that the average grade of students with STAD learning model auxiliary audio visual media equal to 85,86, class with NHT learning model assisted audio visual media equal to 81,71 and average value in control class equal to 75,69. The result of hypothesis 1 test is obtained Fcount = 10,920> Ftabel = 3,204. then there are differences in student achievement using STAD learning model assisted audio visual media, NHT learning model assisted audio visual and conventional media. Hypothesis 2 obtained tcount = 4.400> ttable = 1.67 then student achievement using STAD learning model assisted audio visual media better than conventional. Hypothesis 3 obtained t count = 2.685> ttable = 1.67 then the student learning achievement using NHT learning model assisted audio visual media better than conventional. Hypothesis 4 obtained tcount = 1.881> ttable = 1.67 then the learning achievement of students using STAD learning model assisted audio visual media better than NHT model assisted audio visual media.Sehingga it can be concluded learning using STAD and NHT learning model assisted audio visual media in SD Negeri Jomblang 01 is more effective than conventional learning.

Keywords: Learning Model Student Teams - Achievement Divisions and Numbered Heads Together, Audio Visual Media, Learning Achievement, Mathematics Lesson Volume Cube and Block


Full Text: PDF