Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAKOTIK (DAKON TEMATIK) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR
Rizka Apri Wulansari, Husni Wakhyudin, Intan Rahmawati

Last modified: 2018-09-06

Abstract


Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui bentuk pengembangan media pembelajaran Dakotik ( Dakon Tematik ) pada pembelajaran Tematik untuk peserta didik kelas I yang layak digunakan peserta didik kelas I Sekolah Dasar.Peneliti melakukan analisis kebutuhan dengan menyebar angket analisis kebutuhan pada Sekolah Dasar NegeriĀ  Ngurensiti 02 Wedarijaksa Pati. Uji coba terbatas juga di lakukan di Sekolah Dasar Negeri Ngurensiti 02 berdasarkan hasil analisis kebutuhan peserta didik dan guru. Subjek penelitian ini adalah 22 peserta didik kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data ahli media dan data ahli materi dan hasil uji coba produk. Instrumen pengumpulan data berupa angket soal. Data yang di peroleh dari angket dianalisis secara deskriptif. Hasil pengembangan berupa media Dakotik. 2). Pengolahan data diambil dari validasi ahli media dan ahli meteri, angket respon siswa dan angket respon guru. Hasil validasi ahli media pembelajaran tahap 1 sebesar 79,37% dan pada tahap 2 sebesar 91,25%, hasil validasi ahli materi tahap 1 sebesar 81,87% dan pada tahap 2 sebesar 89,37%,hasil respon siswa 98% dan pada angket respon guru sebesar 96%, hal ini menunjukan bahwa media Dakotik telah dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar.Menyadari belum sempurnanya penelitian dan pengembangan ini, hendaknya dikemudian hari dilakukan penelitian pengembangan lainnya sebagai penyempurna penelitian ini dan menjadi produk baru dalam

Kata kunci: pengembangan, dakon, pembelajaran tematik

Abstract: The purpose of this research is to reach form The Dakotik learning media development (Thematic Dakon) on Thematic lesson for class I learner that is suitable for the students of class I. The researcher needs analysis by spreading the questionnaire of needs analysis at Junior School Ngurensiti 02 Wedarijaksa. Trial test is also done in Junior School Ngurensiti 02 based on the analysis of the needs of learners and teachers. The subjects of this study were 22 students of class I junior school. This research is a reaching development (Research and Development). The data collected in this study is data of media experts and expert data material and product trial results. The instrument of data collection is questionnaire. Data obtained from questionnaires were analyzed descriptively. The result of Dakotik media development. 2). Data processing is taken from the validation of media experts and meteorologists, student response questionnaires and teacher response questionnaires. The result of validation of expert of learning media of phase 1 was 79,37% and in stage 2 was 91,25%, the result of material expert 1st stage was 81,87% and in stage 2 was 89,37%, result of student response 98% and at the teacher's response questionnaire is 96%, it indicates that the Dakotik media has been declared valid and suitable for use in primary school learning. Recognizing the imperfectness of this research and development, should be undertaken later other development research as perfecting this research and become a new product in

Keywords: development, dakon, thematic learning


Full Text: PDF