Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH SEBAGAI PENDUKUNG MATERI PROSES DAUR AIR KELAS 5 SEKOLAH DASAR
Arif Setiyadi, Ikha Listyarini

Last modified: 2018-09-06

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran mata pelajaran IPA yang telah diuji sebagai pendukung proses pembelajaran serta mengetahui kelayakan media yang telah dibuat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SDN Mranggen 02. Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas V dan objek penelitian adalah media pembelajaran Adobe Flash materi proses daur air. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan observasi, dengan menggunakan teknik pengumpulan data dari skala likert dan Guttman. Dari hasil penilaian ahli materi terhadap materi media pembelajaran didasarkan pada standar kompetensi dalam mempelajari proses daur air mendapat persentase kelayakan sebesar 97,6%. Penilaian ahli media terhadap kualitas media pembelajaran didasarkan pada karakteristik media dalam multimedia pembelajaran mendapat persentase kelayakan sebesar 96,8%. Hasil penilaian uji coba produk yang dibagi menjadi dua aspek yaitu aspek materi dan media. Secara keseluruhan hasil penilaian siswa memperoleh persentase kelayakan sebesar 97,75%.

Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, adobe flash


Abstract :The purpose of this study is to make products in the form of learning media science subjects that have been tested as supporting the learning process and know the feasibility of media that has been made. The method used in this research is research development. This research was conducted at SDNMranggen 02. Research subjects were 40 students of class V and the object of research is Adobe Flash media learning process of water cycle. The method used in data collection is by interview and observation, using data collection techniques from Likert and Guttman scale. From the results of the assessment of material experts on learning media materials based on competency standards in studying the water cycle process gets a percentage of eligibility of 97.6%. Assessment of media experts on the quality of instructional media is based on the characteristics of media in multimedia learning gets a percentage of eligibility of 96.8%. The results of product trial assessments are divided into two aspects: material and media. Overall the results of the students' assessment obtained a feasibility percentage of 97.75%.

Keywords: development, learning media, adobe flash


Full Text: PDF