Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARANROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SD NEGERI 01 PETUKANGAN
Ni’maturroqib Al Khafidhah, Muhajir Muhajir, Khusnul Fajriyah

Last modified: 2018-09-06

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Role Playing terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri 01 Petukangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri 01 Petukangan tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 anak. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas II SD Negeri 01 Petukangan tahun pelajaran 2017/2018 dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk sampling jenuh.Hasil analisis angket motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa rata-rata pretest sebesar 65,48 sedangkan pada posttest sebesar 82,00. Berdasarkan hasil anaisis uji t diketahuithitung lebih dari ttabel (8,2977 ≥ 2,06390)maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Role Playing efektif terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri 01 Petukangan.

Kata Kunci :Model Pembelajaran Role Playing, Motivasi Belajar

 

Abstract: This study aims to determine the effectiveness of Role Playing learning model on the motivation to learn Indonesian class II SD Negeri 01 Petukangan. This type of research is quantitative research in the form of Pre-Experimental Design with One-Group Pretest-Posttest Design research design. The population in this study were all students of class II SD Negeri 01 Petukangan in the 2017/2018 school year, which amounted to 25 children. The sample in this research is the students of second grade of SD Negeri 01 Petukangan in the academic year 2017/2018 by using Nonprobability Sampling technique in the form of saturated sampling. The result of questionnaire analysis of students' learning motivation shows that the average pretest is 65.48 while the posttest is 82.00. Based on the result of t test analysis known tcount more than t table (8.2977 ≥ 2.06390) then Ha accepted and H0 rejected. So it can be concluded that the model of learning Role Playing effective against the motivation to learn Indonesian class II SD Negeri 01 Petukangan.

Keywords: Role Playing Learning Model, Learning Motivation


Full Text: PDF