Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBANTU MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA SD
Yoga Ramadhan, Mila Karmila, Ervina Eka Subekti

Last modified: 2018-09-05

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Penyebabnya adalah siswa yang tidak fokus dalam pembelajaran. Mereka lebih asyik bermain sendiri dengan teman sebangku dan teman yang lainnya. Kemudian siswa kurang aktif dalam pembelajaran karena pembelajaran kurang menarik perhatian siswa. Penyebab yang lain adalah saat pembelajaran, guru hanya menjelaskan materi dengan metode ceramah saja dan tidak menggunakan model atau media tertentu yang dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran pair check berbantu media flash card efektif terhadap  hasil belajar tematik siswa kelas IV SDN Kebolampang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah 18 siswa kelas IV SD Negeri Kebolampang. Sampel penelitian 18 siswa menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk Sampling Jenuh. hasil uji-t satu sampel yaitu thitung > ttabel yaitu 3,88 > 2,10. Artinya nilai thitung lebih besar dari ttabel. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, maka rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan tidak sama. Kemudian dari hasil uji ketuntasan yaitu 𝜇0 > 75. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, maka hasil belajar siswa mencapai KKM yaitu 75. Hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri Kebolampang sesudah menggunakan model pembelajaran Pair Check berbantu media Flash Card lebih baik dari sebelum menggunakan model pembelajaran Pair Check berbantu media Flash Card. Kesimpulannya bahwa model pembelajaran Pair Check berbantu media Flash Card efektif terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri Kebolampang.

Kata kunci: model pembelajaran pair check, media flash card, hasil belajar tematik.

 

Abstract: The research is motivated student’s poor performance on thematic learning. The reason is students who do not focus on learning. They are more fun to play alone with your seatmate and another friend. Then students are less active in learning because learning is less attracted the attention of students. Another cause is the time of learning, the teacher only explains the material with the lecture method and does not use models or specific media to make learning more interesting. The aim of this studyto determine whether of learning model pair check and media flash card assisted effective on  learning outcomes thematic fourth graders Kebolampang of elementary school. This research is a quantitative research with One Group Pretest-Posttest Design. The population of this study were 18 fourth graders Kebolampang of elementary school. Sample research 18 students using technique Nonprobability Sampling shaped saturated sampling. The result of t-test is thitung > ttabel that is 3,88 > 2,10. That is thitung greater than ttabel. So H0 is rejected and Ha accepted, then the average of student learning outcomes before and after is not same. Than from the result of the test of completeness is 𝜇0  > 75. Thus H0 is rejected and Ha is accepted, then the student learning outcomes reached KKM is 75. The results of thematic learning Elementary School fourth grade students Kebolampang after pair check and media flash card assisted better than before using learning model pair check and media flash card assisted. The conclusion that the check-assisted learning model Pair Flash Card media effectively to the learning outcomes thematic Elementary School fourth grade students Kebolampang.

Keywords: learning model pair check, flash media cards, thematic learning outcomes

Full Text: PDF