Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT MENGGUNAKAN MEDIA KIPAS SUDUT TERHADAP HASIL BELAJAR
Umitia Lestari, Wijonarko Wijonarko, Sukamto Sukamto

Last modified: 2018-09-05

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Teams Game Tournament menggunakan media kipas sudut terhadap hasil belajar materi pengukuran sudut siswa kelas IV SD Negeri Bugangan 02 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan menggunakan desain Pre-Eksperimental Design dengan jenis penelitian One Group Pretest Posttest Design. Hasil uji ketuntasan belajar menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model Teams Game Tournament menggunakan media kipas sudut mencapai presentase klasikal pada pretest 42,85% posttest 90,47%. Nilai rata-rata  siswa 80,47 dan kriteria ketuntasan minimum (KKM) 68. Berdasarkan uji regresi diperoleh Nilai determinasi 0,945936817 dengan presentase 95%. Kesimpulannya model Teams Game Tournament menggunakan media kipas sudut berpengaruh terhadap hasil belajar materi pengukuran sudut siswa kelas IV SD Negeri Bugangan 02 Semarang.

Kata Kunci: model Teams Game Tournament, kipas sudut , hasil belajar

 

Abstract: The purpose of this research is to know the influence of Teams Game Tournament model using angle fan media to the result of learning material of angle measurement of fourth grade students of SD Negeri Bugangan 02 Semarang. This research is quantitative research with experimental method, using Pre-Experimental Design design with research type One Group Pretest Posttest Design. The result of learning completeness test showed that the students' learning result using Teams Game Tournament model using angle fan media reaches the classical percentage at pretest 42,85% posttest 90,47%. Student average score 80.47 and minimum completeness criterion (KKM) 68. Based on regression test obtained Determination value 0,945936817 with percentage 95%. In conclusion Teams Game Tournament model using angle fan media influence on learning outcome of the measurement material of the angle of fourth grade students of SD Negeri Bugangan 02 Semarang.

Keywords: Teams Game Tournament model, corner fan, learning outcomes

Full Text: PDF