Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PERANAN MODAL SOSIAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER WIRAUSAHA MAHASISWA
Umi Fitria

Last modified: 2018-09-05

Abstract


Tingginya pengangguran dengan latar belakang pendidikan tinggi merupakan permasalahan kompleks yang perlu segera dicarikan solusi. Pergeseran konsep entrepreneurship yang sebelumnya dikonotasikan dengan bisnis dan profit oriented harus berkembang menjadi nilai, karakter, mindset dan spirit. Lembaga pendidikan yang maju dan berkualitas unggul didukung oleh adanya modal sosial yang kokoh di semua komponen yang terlibat dalam aktivitas pendidikan itu. Pemberdayaan modal sosial dapat dimanfaatkan untuk memecahkan masalah-masalah sosial dengan menggunakan prinsip-prinsip entrepreneurial untuk mengorganisir, menciptakan, dan   mengelola  sebuah usaha agar tercapai tujuan sosial. Modal sosial dapat diberdayakan untuk pendidikan kewirausahaan dan pembentukan karakter wirausaha mahasiswa. Modal sosial berupa kelompok dan jaringan, kepercayaan dan solidaritas, tindakan kolektif dan kerjasama, informasi dan komunikasi, kohesi dan inklusi sosial, serta pemberdayaan yang dimiliki kampus untuk selanjutnya dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam rangka pembentukan karakter wirausaha agar mampu bersaing dan beradaptasi  dengan perubahan lingkungan.

Kata kunci: Modal Sosial, Karakter Wirausaha.

 

Abstract. The number of unemployed with a high education background is a complex issue that needs immediate solutions. The concept of entrepreneurship that was previously interpreted as a business and profit oriented should evolve into value, character, mindset and spirit. Advanced and qualified education institutions are supported by social capital in all components of that education. The empowerment of social capital can be utilized to solve social problems by using entrepreneurial principles to organize, create, and manage an enterprise in order to achieve social goals. Social capital can be empowered for entrepreneurship education and the formation of entrepreneurial character. Social capital in the form of groups and networks, trust and solidarity, collective action and cooperation, information and communication, social cohesion and inclusion, and empowerment can be utilized for the establishment of entrepreneurial character in order to be able to compete and adapt to environmental changes.

Keywords: Social Capital, Entrepreneurial Character.


Full Text: PDF