Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KARANGPOH KEBUMEN
Sugeng Rahayu, Ary Susatyo Nugroho, Eka Sari Setianingsih

Last modified: 2018-09-05

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap  motivasi dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri I Karangpoh Kebumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri I Karangpoh, Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen sejumlah 23 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu Non Probability Sampling dengan jenis sampling jenuh. Berdasarkan analisis data hasil penelitian antara data awal dan data akhir terdapat perbedaan rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Setelah dihitung menggunakan Uji-t diperoleh thitung untuk motivasi belajar sebesar 38,212 sedangkan ttabel sebesar 2,074. Karena thitung(38,212) > ttabel(2,074) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Selaian itu dari hasil perhitungan Uji N-Gain untuk motivasi belajar didapatkan hasil 0,5955 dengan kategori peningkatan sedang. Setelah dihitung menggunakan Uji-t diperoleh thitung untuk hasil belajar sebesar 12,946 sedangkan ttabel sebesar 2,074. Karena thitung(12,946) > ttabel(2,074) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Selain itu dari hasil perhitungan Uji N-Gain untuk hasil belajar didapatkan hasil 0,568 dengan kategori peningkatan sedang

Kata Kunci : inkuiri terbimbing, motivasi, hasil belajar IPA


Abstract. This study aims to determine the effect of using guided inquiry learning model on the motivation and learning outcomes of science in grade V students of SD Negeri I Karangpoh Kebumen. This type of research is quantitative research. This research design uses Pre-Experimental Design with type One-Group Pretest-Posttest Design. Samples taken in this research is all students of class V SD Negeri I Karangpoh, Pejagoan district Kebumen regency    a number of 23 students. Sampling technique used is Non Probability Sampling with saturated sampling type. Based on data analysis of research results between baseline and final data there are differences in average motivation and student learning outcomes on science learning. After calculated using t-test obtained tcount for learning motivation equal to 38,212 while ttable equal to 2,074. Because tcount (38,212)> ttable (2.074) then H0 is rejected and Ha accepted. The quote from the calculation of N-Gain Test for learning motivation got 0.5955 result with moderate improvement category. After calculated using t-test obtained tcount for learning result equal to 12,946 while ttable equal to 2,074. Because tcount (12,946)> ttable (2.074) then H0 is rejected and Ha accepted. In addition from the results of N-Gain Test calculations for learning results obtained 0,568 results with moderate improvement category.

Keywords: guided inquiry, motivation, learning outcomes of science

Full Text: PDF