Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PEMBELAJARAN TEMATIK PADA TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN SISWA KELAS IV SDN UJUNGRUSI 04 TEGAL
Sri Wahyuni, Choirul Huda, Moch. Aniq

Last modified: 2018-09-05

Abstract


Penelitian ini di bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan keefektifan media Pop-Up yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di SD N Ujungrusi 04 dengan subjek penelitian siswa kelas IV sejumlah 20 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan yang digunakan mengacu pada model ADDIE. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menerapkan prosedur ADDIE. Model ini sesuai dengan namanya, terdiri dari lima fase atau tahap utama, yaitu (A)nalysis, (D)esain, (D)evelopment, (I)mplimentation, dan (E)valuation. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket untuk validasi media oleh dosen ahli, lembar angket respon guru dan siswa serta hasil belajar siswa yang berupa pretest dan posttest untuk mengetahui tingkat keefektifan media. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kualitas media Pop-Up yang dikembangkan dalam kriteria sangat baik dengan rata-rata 93% dari ahli media dan rata-rata 89% dari ahli materi. Respon guru terhadap siswa memperoleh rata-rata sebesar 96% sedangkan respon siswa memperoleh rata-rata sebesar 97,1%. Hal ini menunjukan bahwa media Pop-Up valid dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran tematik di Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Media Pop-Up.

 

Abstract: This research is aimed to find out the validity and effectiveness of Pop-Up media that developed. This research is done in SD N Ujungrusi 04 with the subject of fourth grade student research of 20 students. The research type used is research development (R & D). The development procedure used refers to the ADDIE model. The development procedures in this study apply the ADDIE procedure. This model corresponds to its name, consisting of five phases or primary stages, namely (A) nalysis, (D) esain, (D) evelopment, (I) mplimentation, and (E) valuation. The instrument used in the form of a questionnaire for media validation by expert lecturers, teacher and student response questionnaires and student learning outcomes in the form of pretest and posttest to determine the level of media effectiveness.Based on data analysis can be concluded that the quality of Pop-Up media developed in very criteria both with an average of 93% of media experts and an average of 89% of material experts. Teachers' responses to students earned an average of 96% while student responses earned an average of 97.1%. This shows that Pop-Up media is valid and effective for use in thematic learning in Primary School.

Keyword: Media Pop-Up.

 


Full Text: PDF