Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA POP UP ADVIS JENIPER UNTUK SEKOLAH DASAR
Slamet Taufik, Husni Wakhyudin, Intan Rahmawati

Last modified: 2018-09-05

Abstract


Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui bentuk pengembangan media pembelajaran Pop Up ADVIS JENIPER pada pembelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan yang layak digunakan untuk peserta didik kelas III Sekolah Dasar. Peneliti melakukan analisis kebutuhan dengan menyebar angket analisis kebutuhan pada tiga sekolah yakni SDN Satriyan 01 Batang, SDN Satriyan 02 dan SDN Kebumen 02. Namun, untuk uji coba terbatas dilakukan di 1 SD yaitu SD Negeri Satriyan 01  berdasarkan hasil analisis kebutuhan peserta didik dan guru. Subjek penelitian ini adalah 22 peserta didik kelas III SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data ahli media dan data ahli materi dan hasil uji coba produk. Instrumen pengumpulan data berupa angket soal. Data yang di peroleh dari angket dianalisis secara deskriptif. Hasil pengembangan berupa media Pop Up ADVIS JENIPER. 2). Pengolahan data diambil dari validasi ahli media dan ahli meteri, angket respon siswa dan angket respon guru. Hasil validasi ahli materi pembelajaran tahap 1 sebesar 80,89% dan pada tahap 2 sebesar 86,87%, hasil validasi ahli media tahap 1 sebesar 85% dan pada tahap 2 sebesar 86,25%,hasil tanggapan siswa 98,18% dan pada angket respon guru sebesar 95,83%, hal ini menunjukan bahwa media Pop Up ADVIS JENIPER telah dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Saran yang dapat peneliti sampaikan pada penelitian selanjutnya di tahap uji coba produk adalah peneliti diharapkan dapat mempersiapkan media lebih banyak untuk peserta didik agar dapat digunakan setiap peserta didik.

Kata Kunci : Pengembangan, Pop Up Book, Pembelajaran

 

Abstract The objective of this research is to know the form of development of learning media of Pop Up ADVIS JENIPER on IPS learning material on the types of work that is suitable for elementary school students. The researcher analyzed the needs by spreading the questionnaire of needs analysis in three schools namely SDN Satriyan 01 Batang, SDN Satriyan 02 and SDN Kebumen 02. However, for limited trials conducted in 1 elementary school SD Satriyan 01 based on the analysis needs of learners and teachers. The subjects of this study were 22 students of class III SD. This research is a research development (Research and Development). The data collected in this study is data of media experts and expert data material and product trial results. The instrument of data collection is questionnaire. Data obtained from questionnaires were analyzed descriptively. The development result of the media Pop Up ADVIS JENIPER. 2). Data processing is taken from the validation of media experts and meteorologists, student response questionnaires and teacher response questionnaires. The result of validation of the material of learning material of phase 1 is 80,89% and in stage 2 is 86,87%, the result of validation of media expert of phase 1 is 85% and in stage 2 equal to 86,25%, result of student response 98,18% and at questionnaire teacher response amounted to 95.83%, it shows that Pop Up ADVIS JENIPER media has been declared valid and suitable for use in IPS learning in primary school. Suggestions that researchers can convey in further research in the trial stage of the product is the researcher is expected to prepare more media for learners in order to be used every learner.

Keywords: Development, Pop Up Book, Learning


Full Text: PDF