Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
ANALISIS POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 PANDAN REMBANG
Siti Maesaroh, Singgih Adhi Prasetyo, Sukamto Sukamto

Last modified: 2018-09-05

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis pola asuh orangtua kaitannya terhadap prestasi belajar siswa di kelas VI SD Negeri 2 Rembang, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi, kuesioner dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan adanya keterkaitan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa, namun tidak semua jenis poal asuh orangtua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, karena orang tua yang menerapkan pola asuh yang baik belum tentu prestasi belajar anak menjadi baik pula, karena prestasi belajar siswa ternyata tidak hanya dipengaruhi oleh pola asuh orangtua saja melainkan faktor lain seperti guru dan suasana belajar dikelas serta faktor yang lainnya yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Kata kunci: Analisis, pola asuh orangtua, dan prestasi belajar siswa.

 

Abstract: The purpose of this research is to know parenting parenting analysis relation to student achievement in class VI SD Negeri 2 Rembang, Pancur District, Rembang Regency, Central Java Province. The research approach used is descriptive qualitative research. Data collection techniques used interview guides, observations, questionnaires and documents. The result of the research shows the correlation between parenting parenting with student achievement, but not all kinds of parental foster parenting influence on student achievement, because parents who apply good parenting pattern is not necessarily the learning achievement of children become good too, because student achievement was not only influenced by parental parenting alone but other factors such as teachers and learning atmosphere class and other factors that affect student achievement.

Keywords: analysis, parenting parenting, and student achievement.


Full Text: PDF