Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL SCRAMBLE BERBANTU MEDIA PUZZLE TEMA CITA-CITAKU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PALEBON 01 SEMARANG
Rizki Azizah, Ferina Agustini, Rofian Rofian

Last modified: 2018-09-05

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran scramble berbantu media puzzle tema cita-citaku terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN Palebon 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental Design (nondesigns) dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Palebon 01 Semarang tahun pelajaran 2017-2018 yang berjumlah 79 siswa. Sampel yang diambil adalah siswa kelas IVB yang berjumlah 38 siswa dengan menggunakan teknik  sampling jenis purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil angket motivasi belajar siswa setelah perlakuan dan ketercapaian motivasi belajar mencapai 18%. Hasil analisis dengan uji t-test diperoleh  nilai thitung>ttabel yang berarti H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran scramble berbantu media puzzle terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN Palebon 01 Semarang.

Kata kunci: model scramble, media puzzle, motivasi belajar


Abstract: This study aims to know the positive and significant impact on the learning model implementation of scramble media-assisted puzzle with theme “Cita-citaku” to the learning motivation of fourth grade students SDN Palebon 01 Semarang. This type of research is a quantitative research in the form of Pre-Experimental Design (nondesigns) with the design of One-Group Pretest-Posttest Design. The population of this research is all the fourth grade students of SDN Palebon 01 Semarang in academic year 2017-2018 which number are 79 students. Samples taken are the students of class IVB, amounting to 38 students by using sampling technique of purposive sampling. The data in this research is obtained through interview, observation, documentation and questionnaire. The results of the study showed an increase in the results of questionnaires of student learning motivation after the treatment and achievement of learning motivation reached 18%. The result of analysis with t-test obtained tcount value > ttable which means Ho rejected. So it can be concluded that there is a positive and significant influence on the application of learning model of scramble media-assisted puzzle to the learning motivation of fourth grade students SDN Palebon 01 Semarang.

Keywords: scramble model, puzzle media, learning motivation


Full Text: PDF