Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
ANALISIS KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS RENDAH DI KECAMATAN SAYUNG KABUPATEN DEMAK
Riya Atiya, Iin Purnamasari, Zinal Arifin

Last modified: 2018-09-05

Abstract


Kesulitan membaca adalah suatu gejala kesulitan  dalam  mempelajari  komponen-komponen kata dan kalimat sehingga mengalami kesulitan dalam memproses  informasi  seperti  kemampuan dalam  menyampaikan dan  menerima informasi. Peneliti telah melakukan studi pendahuluan pada 4 SD yaitu: SDN Bulusari, SDN Karngasem 1, SDN  Karangasem 2, SDN  Prampelan di Kecamatan  Sayung  Kabupaten Demak pada kelas III yang masih mengalami kesulitan membaca.  Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah   kualitatif  dengan pendekatan deskriptif dan persentase.  Hasil temuan di setiap SD siswa- siswi belum mampu  membaca suku  kata,  kata dan kalimat dengan lancar.  Pehaman  siswa  terhadap  huruf  abjad  masih  kurang ,  perhatian orang tua yang rendah serta IQ anak yang rendah. Rata-rata  cara  membaca  siswa  tersebut  masih  mengeja,  karena kesulitan  mengenal  huruf  abjad. Hal  tersebut terkendala karena memiliki history IQ yang rendah.

Kata Kunci: kesulitan membaca,faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca


Abstract: Difficulty reading is a symptom of difficulty in learning the components of words and sentences so that difficulty in processing information such as the ability to convey and receive information. Researchers have conducted a preliminary study on 4 elementary schools, namely: SDN Bulusari, SDN Karngasem 1, SDN Karangasem 2, SDN Prampelan in Sayung District Demak Regency in class III who still have difficulty reading. The type of research used is qualitative with descriptive approach and percentage. The findings in each elementary school students have not been able to read syllables, words and sentences smoothly. Pehaman students to the letter of the alphabet is still lacking, the attention of parents are low and low IQ children. The average way of reading the student is still spelling, because of the difficulty of knowing the letters of the alphabet. It is constrained because it has a low IQ history.

Keywords: difficulty reading, the factors that affect reading difficulties


Full Text: PDF