Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENANAMAN NILAI KARAKTER MELALUI LAGU DOLANAN ANAK DI SD NEGERI CANDI 01 SEMARANG
Paula Eka Wardhani, Purwadi Purwadi, Ferina Agustini

Last modified: 2018-09-05

Abstract


Budaya Indonesia yang memiliki nilai adiluhung harus bisa dilestarikan agar tidak tergeser dengan masuknya budaya barat yang sulit untuk difilter. Lagu dolanan anak memiliki manfaat yang positif di dalam pembentukan karakter karena mengandung nilai-nilai kependidikannya di antaranya nilai kejujuran, kerukunan, sejarah, budaya, dan menghormati orang lain. Tujuan penelitian ini adalah penanaman nilai karakter melalui lagu dolanan anak di SDN Candi 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara terstruktur dan angket. Hasil dari penelitian yaitu temuan lima nilai karakter dalam lagu dolanan anak, dan lima nilai karakter yang terdapat dalam materi lagu dolanan anak sudah ditanamkan oleh guru kepada peserta didik.

Kata Kunci: Nilai, Karakter, Lagu Dolanan


Abstract: Indonesian culture that has a worth worth should be preserved so as not to get displaced by the entry of western culture that is difficult to be filtered. Children's songs have a positive advantage in character building because they contain educational values such as honesty, harmony, history, culture, and respect for others. The purpose of this research is to inculcate the value of the character through the children's song at SDN Candi 01 Semarang. This type of research is qualitative research. This research method is observation, documentation, structured interview and questionnaire. The result of the research is the findings of five character values in children's songs, and five character values contained in the material of children's songs have been implanted by the teacher to the learners.

Keywords: Value, Character, Dolanan Song

Full Text: PDF