Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH STRATEGI GENIUS LEARNING TERHADAP GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK SD N 02 SIWALAN KABUPATEN PEKALONGAN
Nuniek Metikasari

Last modified: 2018-09-05

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah penyelenggaraan pembelajaran kurikulum 2013 yang menitikberatkan pada pemfokusan keaktifan siswa dan pembelajaran pengalaman langsung, oleh karena itu bagi sekolah penyelenggara haruslah dapat pelaksanakan dan mengemas sedemikian rupa pembelajaran sesuai yang diharapkan dari kurikulum 2013, adapun beberapa dampak positif dari kurikulum 2013 adalah pembelajaran terarah dan terstruktur dengan rapih dari beberapa materi sejenis yang dipadupadankan. Selain itu juga dampak negatif dari pembelajaran ini adalah kurangnya pendekatan guru terhadap siswa dari aspek pola belajar atau gaya belajar siswa dalam menerima materi dari masing-masing siswa dan rasa semangat atau motivasi belajar siswa dalam melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Mengetahui jenis gaya belajar yang dimiliki masing-masing siswa; 2) Mengetahui tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik kurikulum 2013; dan 3) Pengaruh penerapan salah satu strategi belajar dalam pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi belajar terhadap gaya belajar dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Eksperimen Design dengan rancangan Intact-Group Comparison. Populasi penelitian Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N 02 Siwalan dan kelas IV SD N 01 Jagung Kabupaten Pekalongan. Sampel yang diambil adalah 27 siswa dan 20 siswa  kelas  IV SD N 02 Siwalan dan kelas IV SD N 01 Jagung. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes (pretest-posttest) yang dilakukan baik di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji banding dengan menggunakan SPSS v.24 aspek gaya belajar dan motivasi belajar siswa menunjukkan hasil dari aspek gaya belajar Equal variances assumed bahwa thitung yaitu 1,788 dan dan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,081 atau 8,1% dan aspek motivasi belajar diperoleh bahwa thitung yaitu -0,660 nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,512 atau 51,2% yang artinya bahwa gaya belajar dan motivasi belajar di kelas eksperimen dengan dilakukan perlakuan lebih baik dari pada kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa gaya belajar dan tingkat motivasi kelas di beri perlakuan dengan strategi Genius Learning lebih baik dari pada gaya belajar dan tingkat motivasi kelas yang dengan metode pembelajaran konvensional berupa ceramah. Berdasarkan penelitian dan pembahasan, saran yang perlu disampaikan adalah dalam proses pembelajaran hendaknya guru lebih memperhatikan kondisi siswa dan menyesuaikan keadaan dalam mengikuti pembelajaran untuk menghidupkan pembelajaran dan meningkatkan pembelajaran.

Kata Kunci: Strategi Genius Learning, Gaya Belajar, Motivasi Belajar

 

Abstract: The background of this research is the implementation of curriculum lesson 2013 which focuses on focusing students activeness and direct experience learning, therefore for the organizing school must be able to implement and package in such a way as expected from the curriculum of 2013, while some positive impact of the curriculum 2013 is learning directed and structured neatly from some similar material that is mixed and match. In addition, the negative impact of this learning is the lack of teacher approach to students from aspects of learning patterns or learning styles of students in receiving materials from each student and a sense of spirit or motivation to learn students in implementing the curriculum learning 2013. Problems in this study are 1) Knowing the type of learning style that each student has; 2) To know the level of students' learning motivation in thematic lesson of curriculum 2013; and 3) Influence of application of one learning strategy in thematic learning. The purpose of this study is to determine the effect of the use of learning strategies to learning styles and student learning motivation in thematic learning. This type of research is quantitative research in the form of Pre-Experiment Design with the design of Intact-Group Comparison. Population of research The population of this study are all students of grade IV SD N 02 Siwalan and grade IV SD N 01 Jagung Pekalongan Regency. Samples taken are 27 students and 20 students of grade IV SD N 02 Siwalan and grade IV SD N 01 Corn. The data in this study were obtained through the test (pretest-posttest) performed both in the experimental class and in the control class. The result of the research shows that the comparative test using SPSS v.24 aspects of learning style and student learning motivation shows the result of learning style aspect of equal variances assumed that tcount is 1,788 and and significance value (2-tailed) is 0,081 or 8,1% learning motivation obtained that t-count is -0,660 significance value (2-tailed) equal to 0,512 or 51,2% which means that learning style and motivation learn in experiment class with better treatment than control class. It can be concluded that the learning style and the level of class motivation in giving treatment with Genius Learning strategy is better than the learning style and the level of class motivation that with conventional learning methods of lecture Based on research and discussion, suggestions that need to be submitted is in the learning process teachers should pay more attention to the condition of students and adjust the circumstances in following the learning to turn on learning and improve learning

Keywords: Genius Learning Strategy, Learning Styles, Learning Motivation

 


Full Text: PDF