Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTU MEDIA QUIZ CREATOR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN JOMBLANG 01
Noor Kholifah

Last modified: 2018-09-05

Abstract


Latar belakang yang dilakukannya penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada kelas IV SDN Jomblang 01 Semarang pada pembelajaran matematika yang dikarenakan kurangnya semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga berpengaruh pada prestasi siswa serta pembelajaran yang kurang bervariasi. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana keefektifan model pembelajaran NHT dan TGT berbantu media quiz creator terhadap prestasi belajar siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN Jomblang 01 Semarang.Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A, IV B, dan IV C SDN Jomblang 01 Semarang dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui rata-rata nilai siswa kelas dengan model NHT berbantu media quiz creator sebesar 85,31, kelas dengan model TGT berbatu media quiz creator sebesar 86,94, dan rata-rata nilai pada kelas kontrol sebesar 71,83. Hasil perhitungan uji hipotesis 1 diperoleh Fhitung = 32,734 > Ftabel = 3,085 maka terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT berbantu media quiz creator, TGT berbantu media quiz creator, dan konvensional. Hipotesis 2 diperoleh thitung = 5,951 > ttabel = 1,67 maka prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT berbantu media quiz creator lebih besar dari pembelajaran konvensional. Hipotesis 3 diperoleh thitung = 7,730 > ttabel = 1,67 maka prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT berbantu media quiz creator lebih besar dari pembelajaran konvensional. Hipotesis 4 diperoleh thitung = 0,840 < ttabel = 1,67 maka prestasi belajar siswa yang menggunakan model TGT berbantu media quiz creator lebih baik daripada model NHT berbantu media quiz creator. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran NHT dan TGT berbantu media quiz creator di SDN Jomblang 01 Semarang lebih efektif daripada pembelajaran konvensional.Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran NHT dan TGT berbantu media quiz creator dapat digunakan sebagai alternative guru dalam mengajar.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Number Head Together, Teams Games Tournament, Media Quiz Creator, Prestasi Belajar, Keliling dan Luas Bangun Datar


Abstract: The background of this research is the low achievement of students in class IV SDN Jomblang 01 Semarang on learning mathematics because of the lacked spirit of students in following the learning so that the influence on student achievement and less varied learning. The purposed of this study was to find out how the effectiveness of learning models NHT and TGT assisted media quiz creator on student learning achievement when compared with conventional learning in mathematics learning of fourth grade students of SDN Jomblang 01 Semarang. This type of the research is Quantitative. The population used in this study were students of class IV A, IV B, and IV C SDN Jomblang 01 Semarang by used saturated sampling technique. Data collection methods used were interviewed, tested, and documentation. The result showed that the grade students' grade with NHT model was used by media quiz creator 85,31, class with TGT model with media quiz creator equal to 86,94, and average value in control class equal to 71,83. The result of the calculation of hypothesis test 1 obtained Fcount = 32,734> Ftabel = 3,085 it meant, there are difference of student achievement using NHT learning model assisted media quiz creator, TGT assisted media quiz creator, and conventional. Hypothesis 2 obtained tcount = 5.951> ttable = 1.67 then the learning achievement of students using NHT learning model assisted media quiz creator greater than conventional learning. Hypothesis 3 obtained tct = 7,730> ttable = 1.67 it meant the student learning achievement using TGT learning model assisted media quiz creator bigger than conventional learning. Hypothesis 4 obtained tcount = 0.840 <ttabel = 1.67 then student achievement using TGT model assisted media quiz creator is more better than NHT model assisted media quiz creator. So it can be concluded that learning using NHT and TGT learning model assisted media quiz creator in SDN Jomblang 01 Semarang more effective than the conventional learning. Based on the results of this research the writer suggested it can be delivered by the learning model of NHT and TGT assisted media quiz creator and it can be used as an alternative learning process.

Keywords: Learning Model Number Head Together and Teams Games Tournament, Media Quiz Creator, Learning Achievement, Mathematics Lesson Matter and Wide Area Flat


Full Text: PDF