Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGEMBANGAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA PANGGUNG BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK KELAS IV SEKOLAH DASAR
Musyahadah Dienulhaqqi

Last modified: 2018-09-05

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media untuk menunjang pembelajaran, siswa hanya menjadi pendengar untuk materi yang disampaikan, pembelajaran yang berlangsung menjadi kurang aktif. Beberapa siswa masih malu-malu apabila diminta untuk membaca teks cerita di depan kelas secara mandiri, sehingga siswa masih mengalami kendala dalam memahami isi bacaan pada teks cerita, karena masih kurangnya minat membaca pemahaman pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan metode bercerita dengan media panggung bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbahasa khususnya membaca anak kelas IV sekolah dasar tahun ajaran 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek dalam penelitian ini adalah 69 siswa kelas IV di SDN Klego 01 Pekalongan, MSI 01 Kauman Pekalongan, dan SDN Jenggot Pekalongan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data ahli media dan ahli materi. Instrumen pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan angket. Hasil yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan berupa metode bercerita dengan media panggung bercerita. Untuk hasil validasi ahli media pada bimbingan yang pertama diperoleh persentase 61% dengan kriteria penilaian pada kategori “baik”. Hasil validasi ahli media yang kedua diperoleh persentase 93% dengan kriteria penilaian pada kategori “sangat baik”. Hasil validasi ahli materi pada bimbingan pertamadiperoleh persentase 90% dengan sedikit revisi, dengan kriteria penilaian pada kategori “sangat baik”. Hasil validasi ahli materi pada bimbingan kedua memperoleh persentase 92%, dengan kriteria penilaian pada kategori “sangat baik”. Produk yang telah divalidasi selanjutnya dilakukan uji coba pada seluruh siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa media panggung bercerita layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya metode bercerita dengan media panggung bercerita dapat digunakan sebagai salah satu metode dan media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru.

Kata kunci: metode bercerita, media panggung bercerita, kemampuan membaca

 

Abstract: The background of this research is the limited tools used for learning. The students only become the listenier as the teacher gives a learning material so that the learning system goes inactively. Some students are still shy if the are asked to read the text in front of the class by themselves. This makes the students get the difficulties in understanding the content of the text because of the lack of interest in reading. The purpose of this research is to find out how to develop the method of storytelling through storytelling stage in order to increase the children’s ability of speaking, especially reading, for elementary school students grade IV of 2018 school year. The type of this research is research and development. The subject of this research is 69 student grade IV in SDN Klego 01 Pekalongan, MSI 01 Kauman Pekalongan, SDN Jenggot Pekalongan. The data collected in this research are data of tools experts and material experts. The instrument in collecting data are in forms of interviews, observations, and questionnaire. The obtained results from questionnaires have been analyzet descriptively and quantitatively. The development results are in form of the method of storytelling with tool of storytelling stage. The validation results of tool experts in the first guidance got 61% with criteria of the assessment in the good category. The validation results of tool experts in the second guidance got 93% with criteria of the assessment in the very good category. The results of material experts in the first guidance got 90% with little revision and criteria of the assessment in the very good category. After that, the validated products were tested to all students. It shows storytelling stage as the tool of learning is worth to be used. Based on the results of research, the suggestion that can be submitted is to use the storytelling method and storytelling stage as one of the tools for learning.

Keywords: storytelling method, storytelling stage tool, ability of reading


Full Text: PDF