Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENDEKATAN SCIENCE EVIRONMENT TECHNOLOGY SOCIETY (SETS) PENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA
Lana Fahira Nikmah

Last modified: 2018-09-05

Abstract


Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan Scince Environment Technology Society (SETS) berbantuan alat peraga ‘energi terbaharukan’ dalam pembelajaran ipa materi pencemaran lingkungan. Penggunaan pendekatan SETS mampu menstimulasi siswa dalam berpikir kritis melalui kegiatan analisis masalah yang ada di lingkungan sekitar, materi pencemaran lingkungan merupakan materi berbasis masalah yang dapat ditemui di lingkungan sekitar. Penerapan pendekatan SETS pada materi pencemaran lingkungan dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi ditinjau dari indikator analisis terhadap masalah yang disajikan. Penggunaan alat peraga mampu membantu siswa memahami konsep yang bersifat abstrak menjadi lebih nyata, penggunaan alat peraga energi terbaharu mampu memberi gambaran pada siswa menganai penggunaan energi alternatif untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak memberikan dampak buruk terhadap lingkungan, alat peraga energi terbaharu dapatmembantu pemahaman konsep siswa materi pencemaran lingkungan pada sub bab pencemaran lingkungan dan solusinya.

Kata kunci: pendekatan SETS, Kemampuan berpikir tingkat tinggi, materi pencemaran lingkungan dan alat peraga energi terbaharukan.


Abstract: The purpose of this article is to know the application of the Scince Environment Technology Society (SETS) approach assisted by the 'renewable energy' tool in the learning of environmental pollution material. The use of SETS approach is able to stimulate students in critical thinking through the problem analysis activities that exist in the environment, environmental pollution material is problem-based material that can be encountered in the environment. The application of the SETS approach to environmental pollution materials can improve high-order thinking skills in terms of indicators of analysis of the problems presented. The use of visual aids can help students understand the concept of being abstract become more real, the use of energy tools renewable able to give an idea of ​​the students mengai use of alternative energy to meet human needs that do not give adverse impact on the environment, the renewable energy props can help understanding the concept of student material environmental pollution in sub chapter of environmental pollution and its solution.

Keywords: SETS approach, High level thinking ability, environmental pollution material and renewable energy props.

Full Text: PDF