Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDIT PERMATA BUNDA BAWEN
Isni Zamhariyah, Kiswoyo Kiswoyo, Sukamto Sukamto

Last modified: 2018-09-05

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa. Hal ini disebabkan karena siswa merasa pembelajaran IPS banyak yang harus dipahami dan membosankan sehingga siswa kurang berminat untuk menyimak pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektifan Model Scramble Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SDIT Permata Bunda Bawen tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian True Experimental Design jenis Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas III A dan 28 siswa kelas III B SDIT Permata Bunda Bawen dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Berdasarkan tes diperoleh peresentase ketuntasan kelas eksperimen sebesar 89,286%. Hasil analisis Uji-t diperoleh t-hitung = 4,1827 dan t-tabel = 2,0049. Karena t-hitung > t-tabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan dalam penelitian ini adalah model Scramble efektif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SDIT Permata Bunda Bawen tahun pelajaran 2017/2018.

Kata kunci: Scramble dan Hasil Belajar


Abstract: This research is based on the low learning result of IPS students. This is because students feel IPS learning much to be understood and boring so that students are less interested to listen to IPS lessons. This study aims to determine the effectiveness of the Scramble Model on the IPS Student Learning Class III SDIT Permata Bunda Bawen in the academic year 2017/2018. This type of research is quantitative with True Experimental Design research type Pretest-Posttest Control Group Design. The sample in this research are 28 students of class III A and 28 students of class III B SDIT Permata Bunda Bawen by using saturated sampling technique. Based on the test, the percentage of experimental class completeness is 89,286%. T-Test analysis results obtained t-count = 4.1827 and t-table = 2,0049. Because t count> t-table, then H0 is rejected and H1 accepted. Can be concluded in this research is the effective Scramble model of the learning outcomes of IPS students class III SDIT Permata Bunda Bawen year 2017/2018 lesson.

 Keywords: Scramble and learning result

Full Text: PDF