Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTU MEDIA PATEPIN GAMBAR PADA TEMA EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI JOMBLANG 02 SEMARANG
Intan Larasati, Harto Nuroso, Fine Reffiane

Last modified: 2018-09-05

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model Example Non Example berbantu media patepin gambar pada tema ekosistem terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Jomblang 02 Semarang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Quasi Experimental Design dengan menggunakan Nonquivalet Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Jomblang 02 Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 46 siswa, 20 siswa kelas 5A SD Negeri Jomblang 02 Semarang dan 26 kelas 5B SD Negeri Jomblang 02 Semarang. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes (pretest-posttest), wawancara terstruktur dan kegiatan observasi. Hasil dari nilai posttest pada kelas eksperimen dengan rata-rata 78 dan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol sebesar 61. Peningkatan pretest dan posttest yang dihitung melalui uji gain pada kelas kontrol yaitu -0,4 termasuk kategori rendah, pada kelas eksperimen yaitu 0,34 termasuk kategori sedang. Hal ini karena diterapkannya pembelajaran menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantu media patepin gambar. Berdasarkan analisis uji t diketahui  lebih dari  () maka  diterima dan ditolak Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Example Non Example berbantu media patepin tema ekosistem efektif terhadap hasil belajar siswa.

Kata kunci: Model Example Non Example, Media Patepin Gambar, Tema Ekosistem, Hasil Belajar


This study aims to determine the effectiveness of Example Non Example model assisted the patepin media on the theme of the ecosystem on the learning outcomes of students of class V SD Negeri Jomblang 02 Semarang. This type of research is quantitative research in the form of Quasi Experimental Design using Nonquivalet Control Group Design. The population of this study is all students of class V SD Negeri Jomblang 02 Semarang academic year 2017/2018. Samples taken are 46 students, 20 students of class 5A Elementary School Jomblang 02 Semarang and 26 class 5B Elementary School Jomblang 02 Semarang. Data in this study were obtained through tests (pretest-posttest), structured interviews and observation activities. The result of the posttest score in the experimental class with an average of 78 and the mean posttest grade in the control class is 61. The increase of pretest and posttest calculated through the gain test in the control class is -0.4 including the low category, in the experimental class is 0 , 34 are in the moderate category. This is because the application of learning using learning model Example Non Example assisted media patepin images. Based on t test analysis known t_hitung more than t_tabel (4,821≥2,16) H_a accepted and H_0 rejected So it can be concluded that the model of learning Example Non Example help media patepin theme of effective ecosystem to student learning outcomes.

Keywords: Model Example Non Example, Patepin Media Image, Ecosystem Theme, Learning Outcomes


Full Text: PDF