Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA KURIKULUM 2013
Indah Arvianti, Ana Wahyuni

Last modified: 2018-09-05

Abstract


Kurikulum 2013 di tingkat SD tidak mewajibkan Bahasa Inggris, meskipun sejak TK sudah diperkenalkan pelajaran tersebut  sehingga tidak ada kontinuitas keilmuannya. Disamping hal tersebut, fakta yang ada yaitu generasi milenial sejak SD sudah mengenal gadget berbahasa Inggris yang dapat digunakan untuk mengenal dan mengeksplor pengetahuan dan teknologi sehingga perlu upaya pengintegrasian pelajaran Bahasa Inggris pada Kurilulum 13 yang berorientasi pada peningkatan dan keseimbangan kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah inovasi dan implementasi model pembelajaran Bahasa Inggris tematik yang terintegrasi dengan kurikulum 13 dengan muatan pembentukan karakter dan wawasan kearifan lokal sebagai upaya konstruktivisme karakter generasi milenial yang diawali sejak pendidikan dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan metode observasi. Hasil dari penelitian ini adalah inovasi dan implementasi model pembelajaran Bahasa Inggris tematik  yang tidak hanya berfokus pada pengetahuan kognitif namun juga dapat berperan dalam pendidikan karakter generasi milenial yang terintegrasi dengan Kurikulum 13.

Kata kunci : implementasi model pembelajaran bahasa Inggris tematik, kearifan lokal,      kurikulum 2013,  konstruktivisme karakter generasi milenial

 

Abstract: Curriculum 2013 at elementary level does not require English, although it has been introduced since kindergarten. Moreover, there is a fact that millennial generation has been familiar with English language gadgets since basic education that can be used to recognize and explore the knowledge and technology. That is why it needs an effort to integrate the thematic English learning with the curriculum 2013 focusing on the improvement and balance of attitude, skills and knowledge competence. The  research  purposes are the innovation and implementation of thematic English learning model integrated with the curriculum 2013 with character building and local wisdom insight as an effort of millennial generation character constructivism. The data collection methods are interview and observation methods. The research results are the innovation and implementation of thematic English learning model which not only focuses on cognitive knowledge but also contributes on millennial generation character constructivism integrated with Curriculum 2013.

Keywords: implementation of thematic English learning model, local wisdom, curriculum 2013, millennial generation characters constructivism


Full Text: PDF