Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS MENGGUNAKAN MEDIA PRABU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI KEBUMEN 02 BATANG
Imam Sukma Jaya

Last modified: 2018-12-01

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Kebumen 02 Batang khususnya pada mata pelajaran matematika. Melihat kondisi seperti itu perlu diupayakan penerapan model tertentu untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika khususnya materi berbagai berbentuk pevahan. Model yang diterapkan adalah model Pembelajaran Teams Games Tournaments.Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament Menggunakan media Prabu terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri Kebumen 02 Batang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament menggunakan media Prabu terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri Kebumen 02 Batang.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design.Teknik analisis datamenggunakan analisis awal dan akhir yang menggunakan uji normalitas dan uji beda t-test.Berdasarkan hasil analisis data yang diujikan diperoleh thitung = 6,48. Kemudian dibandingkan dengan harga ttabelpada db = 29 dan taraf signifikan 5 % adalah 2,045. Kriteria pengujian hipotesis adalah H0 diterima apabila thitung< ttabel. Pada hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar Pretest dan hasil belajar Post test. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa rata-rata hasil belajar Post test = 79,83 lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar Pre test= 57,17 maka disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament menggunakan media Prabu terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri Kebumen 02 BatangSaran yang dapat peneliti sampaikan adalah diharapkan guru memanfaatkan model model pembelajaran Teams Games Tournament menggunakan media Prabu untuk variasi pada pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar dalam pembelajaran matematika khususnya materi berbagai bentuk pecahan.

 

Kata kunci: Prabu, Model Pembelajaran Teams Games Tournaments, Hasil belajar Media matematika siswa

 


Abstract: This research is based on the low learning result of the students of grade V SDN Kebumen 02 Batang especially on the subject of mathematics. Seeing such conditions need to strive to apply certain models to improve learning outcomes mathematics subjects, especially various materials in the form of pevahan. The model applied is Teams Games Tournaments Learning model. Problems revealed in this research is whether there is influence Teams Games Tournament learning model Using the King media to the students learning outcomes mathematics class V SD Negeri Kebumen 02 Batang. The purpose of this research is to know the influence of Teams Games Tournament learning model using Prabu media to the students' learning result of class V mathematics course SD Negeri Kebumen 02 Batang. Data collection method used in this research is quantitative method. The research design used is One-Group Pretest-Posttest Design. The analysis techniques used the initial and final analysis using normality test and t-test different test.Based on the results of data analysis tested obtained thitung = 6.48. Then compared with the price ttabelpada db = 29 and 5% significant level is 2.045. Hypothesis testing criteria is H0 accepted when t count <ttabel. In the calculation results obtained t count> ttable, so H0 rejected and Ha accepted. This means that there is an average difference between Pretest learning outcomes and Post test results. From the calculation results note that the average learning outcomes Post test = 79.83 greater than the average learning outcomes Pre test = 57.17 it concluded that there is influence Teams Games Tournament learning model using the King media to the students' learning outcomes subjects math class V SD Negeri Kebumen 02 BatangSuggestions that can be conveyed researchers are expected to utilize model model Teams Games Tournament learning using Prabu media for variations on learning in teaching and learning activities in learning mathematics, especially materials of various forms of fractions.


Keywords: Prabu Media, Teams Game Tournaments Model Learning, Students mathematics learning outcomes


Full Text: PDF