Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTU MEDIA KARTU PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA BENDA HIDUP & TAK HIDUP DI SEKITAR KITA KELAS I SDN KARANGASEM 03 BATANG
Ika Irfana Widiastuti

Last modified: 2018-09-04

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan, dalam proses pembelajaran yang berlangsung kurang aktif dikarenakan ada beberapa peserta didik yang masih pasif, kurang mendalami materi pembelajaran dan takut untuk mengungkapkan pendapatnya. Hal tersebut juga adanya perbedaan tingkat kemampuan siswa dalam belajar sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh model pembelajaran Picture and Picture berbantu media kartu pintar terhadap hasil belajar subtema benda hidup & tak hidup di sekitar kita kelas I SDN Karangasem 03 Batang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Eksperimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah menggunakan teknik sampling purposive yaitu satu kelas yakni siswa kelas 1B SDN Karangasem 03 Batang Tahun Pelajaran 2017/2018. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes (pretest-posttest), wawancara terstruktur dan kegiatan observasi. Hasil dari nilai prettest dengan rata-rata 60,32 dan nilai posttest dengan rata-rata sebesar 76,25. Berdasarkan hasil analisis uji t diketahui thitung lebih dari ttabel (8,718 ≥ 2, 005) maka Ha diterima dan H0 ditolak serta Ketuntasan Hasil Belajar pada kelas yang sudah diberi perlakuan sebesar 85,71%. sedangkan persentasi Ketuntasan Hasil Belajar sebelum diberi perlakuan sebesar 28,57%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar  siswa subtema benda hidup & tak hidup di sekitar kita diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture berbantu kartu pintar lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang sebelum diberi perlakukan.

 

 

Kata Kunci: Media Kartu Pintar, model pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar, Subtema Benda Hidup & Tak Hidup Di Sekitar Kita

  Abstract: This research is based on the lack of variation of learning model that is used, in the learning process which is less active because there are some students who are still passive, lack of learning materials and are afraid to express their opinions. It is also a difference in the level of ability of students in learning so that affect student learning outcomes. The purpose of this study is to find out how the influence of the model of learning Picture and Picture assisted smart card media against the results of learning subtheme of living & non-living objects around us class I SDN Karangasem 03 Batang year 2017/2018. This research is a quantitative research in the form of Pre-Experimental Design with One-Group Pretest-Posttest Design design. The population of this research is using purposive sampling technique that is one class that is student of class 1B SDN Karangasem 03 Batang of Lesson Year 2017/2018. Data in this study were obtained through tests (pretest-posttest), structured interviews and observation activities. The result of the prettest value with an average of 60.32 and the posttest value with an average of 76.25. Based on result of t test analysis known tcount more than ttable (8,718 ≥ 2, 005) hence Ha accepted and H0 rejected and completeness of result of learning in class which have been given treatment equal to 85,71%. while the percentage of learning result completeness before being treated by 28,57%. So it can be concluded that the learning outcomes of the subtheme of living & non-living objects around us are treated by using Picture and Picture learning model assisted smart card better than the students' learning outcomes before being treated.

 

Keywords: Smart Card Media, Picture and Picture learning model, Learning Outcomes, Subthemes of Living & Living Things Around Us

Full Text: PDF