Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN MAGNET KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORRAY PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Ibrahim Seto Banyu Sejati

Last modified: 2018-09-04

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah siswa kurang konsentrasi, kesulitan memahami materi, siswa tidak memperhatikan guru, dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang membuat siswa cepat bosan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan media papan magnet pada pembelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dengan model pembelajaran course review horay bagi siswa kelas V SD Sepakung 01 Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang yang valid ? Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian research and development (R&D). Metode penelitian dan pengembangan digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dsn menguji kevalidan serta keefektifan produk tersebut. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 16 siswa kelas V SD. Pengolahan data diambil dari ahli media, ahli materi IPS, angket tanggapan siswa. Hasil tanggapan pada analisis ahli media 87% sangat baik, ahli materi 80% sangat baik, angket tanggapan siswa 90% sangat baik. Hal ini menunjukkan media papan magnet keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia efektif digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini, saran yang dapat peneliti sampaikan adalah media papan magnet keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dan perlu adanya pengembangan lebih lanjut. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan media yang lebih berkualitas dan inovatif.

Kata Kunci: Media papan magnet, model course review horray, IPS Sekolah Dasar


Abstract: The purpose of this research is the students lack of concentration, the difficulty of understanding the material, the students do not pay attention to the teacher, and the lack of use of instructional media that make the students bored quickly in carrying out the learning activities. The problem in this research is how to develop magnetic board media on IPS learning material of ethnicity and culture diversity in Indonesia with model study course horay course for students of class V SD Sepakung 01 Subdistrict Banyubiru Semarang valid? This research uses research and development (R & D) research methodology. Research and development methods are used to produce a particular product and test the validity and effectiveness of the product. Research subjects in this study were 16 students of grade V SD. Data processing is taken from media experts, IPS material experts, questionnaire responses. Response results in media expert analysis 87% excellent, material experts 80% very good, questionnaire responses 90% students very well. This shows the magnetic board media of ethnic and cultural diversity in Indonesia effectively used in learning. Based on the results of this development research, the suggestion that researchers can convey is the magnet board media of ethnic and cultural diversity in Indonesia can be used as a learning media in schools and the need for further development. It aims to produce a more qualified and innovative media.

 

Keywords: Magnetic board media, model course review horray, IPS Elementary School


Full Text: PDF