Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTU KARTU CERDAS TERHADAP HASIL BELAJAR & AKTIVITAS SISWA MAPEL IPA KELAS V SDN KLUWIH 01 TAHUN AJARAN 2017/2018
Himas Murtia Dewi

Last modified: 2018-09-04

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil belajar dan aktivitas siswa yang rendah pada pembelajaran. Hal tersebut disebabkan proses belajar mengajar yang kurang menarik serta kurangnya model dan media yang menarik sehingga membuat hasil belajar siswa rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Pembelajaran masih bersifat ceramah sehingga menyebabkan  siswa mudah bosan dan kurangnya minat belajar siswa, 2) Dalam proses pembelajaran siswa cenderung pasif dan mengakibatkan aktivitas belajar siswa rendah karena pembelajaran hanya bersumber dari guru tanpa adanya umpan balik dari siswa., 3) Kurangnya penggunaan model dan  media yang sesuai untuk menunjang proses pembelajaran, sehingga pada saat penyampaian materi hanya ditunjukkan melalui lingkungan sekitar kelas., 4), Siswa kurang memperhatikan penjelasan dari guru yang berdampak pada rendahnya hasil belajar belum optimal, 85% siswa mendapat nilai dibawah KKM yaitu 70. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian yaitu Pre-Eksperimental Design dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa  kelas  V SDN Kluwih 01  Jagung  dan  kelas V SDN Bandar 03 Bandar Batang Tahun  Pelajaran 2017/2018.  Sampel  yang  diambil  adalah  56  siswa,  30  siswa kelas V SDN Kluwih 01 dan  26  siswa  kelas  V  SDN Bandar 03 Batang. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes (pretest-posttest) yang dilakukan baik di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol, wawancara dan kegiatan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji banding hasil belajar dua pihak menunjukkan hasil thitung=6,945 dengan ttabel= 2,054 sehingga  thitung > ttabel yang artinya bahwa model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berbantu kartu cerdas lebih baik dari model konvensional. Berdasarkan penelitian dan pembahasan, saran yang perlu disampaikan adalah dalam proses pembelajaran hendaknya guru menggunakan model dan media pembelajaran yang menarik siswa untuk belajar yaitu dengan mencoba menerapkan model pembelajaran model Course Review Horay (CRH) berbantu kartu cerdas sebagai salah satu model dan media  alternatif guru dalam mengajar.

 

Kata Kunci: Model Course Review Horay (CRH), Kartu Cerdas, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa.

 

Abstract: This research on the background was of learning outcomes and low student activity on learning. This is due to the less interesting teaching and learning process as well as the lack of interesting models and media that make the students' learning outcomes low. Problems in this research are 1) Learning is still a lecture that causes students to easily bored and lack of interest in student learning, 2) In the learning process students tend to be passive and result in low student learning activities because learning only comes from the teacher without any feedback from students. 3) Insufficient use of appropriate models and media to support the learning process, so that when the delivery of the material is only shown through the environment around the classroom, 4), the students pay less attention to the explanation of the teacher which has a low learning outcome, 85% under KKM that is 70. Research is a quantitative research using research design that is Pre-Experimental Design with Pretest-Posttest Control Group Design design. The population of this research is all students of class V SDN Kluwih 01 Corn and class V SDN Bandar 03 Bandar Batang Lesson Year 2017/2018. Samples taken were 56 students, 30 students of class V SDN Kluwih 01 and 26 students of grade V SDN Bandar 03 Batang. The data in this study were obtained through tests (pretest-posttest) conducted in both the experimental class and in the control class, interviews and observation activities. The result of the research shows that the comparative study result of two parties shows thitung = 6,945 with ttable = 2.054 so thitung> ttable which means that the Course Review Horay (CRH) modeled model of smart card is better than conventional model. Based on research and discussion, suggestions that need to be submitted is in the process of learning should teachers use models and learning media that attract students to learn that is by trying to apply the model model Course Review Horay (CRH) assisted smart card as one model and alternative media teacher in teach.

Keywords: Course Review Horay Model (CRH), Smart Card, Learning Outcomes, Student Activity.


Full Text: PDF