Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA ALGAPAPATAN TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V SD N REBAN
Fraski Aditiya Himawan

Last modified: 2018-09-04

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA. Hal tersebut disebabkan kurangnya inovasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas.Siswa kurang tertarik pada pembelajaran IPA yang dilakukan sehingga menyebabkan suasana belajar yang tidak kondusif. Keadaan kelas yang tidak kondusif salah satunya dipengaruhi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah  apakah ada pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran Group Investigation Berbantu Media Algapapatan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD N Reban? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran Group Investigation Berbantu Media Algapapatan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD N Reban. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Designs dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD N Reban tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 20 siswa kelas V dengan menggunakan teknik Probability Samplingyang merupakan sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model Group Investigation Berbantu Media Algapapatan diperoleh 15 siswa yang tuntas dengan presentase 75% dan 5 siswa yang belum tuntas dengan presentase 25%. Hal ini berarti ketuntasan belajar siswa kelas V SD N Reban telah mencapai ketuntasan.Perhitungan nilai hasil belajar pretest dan posttest terdapat berbedaan,  pada nilai rata-rata posttest lebih besar dari pada pretest yaitu 73>52.Selisih nilai rata-rata pretest dan posttest adalah 21.Hal ini terbukti pada analisis akhir dengan menggunakan uji t diketahui hasil lebih besar dari  yaitu 6,284>2,039 pada taraf signifikan 5%. Kesimpulannya bahwa adanya pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran Group Investigation Berbantu Media Algapapatan terhadap hasil belajar IPA siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran Group Berbantu Media Algapapatan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru untuk mengajar.

 

Kata Kunci : Media Algapapatan ( alat peraga paru-paru buatan), Model pembelajaran Group Investigation.

 

Abstract : This research is based on the low of science learning result. This is due to lack of innovation in classroom learning activities.Students are less interested in science learning that is done so as to cause an atmosphere of learning that is not conducive. Conditions that are not conducive class one of them is influenced by the low learning outcomes of science students. Problems in this research is whether there is influence in the use of learning model Group Investigation Assisted Media Algapapatan of science learning outcomes of students of grade V SD N Reban? The objectives to be achieved in this research is to know the influence in the use of learning model Group Investigation Assisted Media Algapapatan to the results of science learning grade V SD N Reban. This type of research is quantitative research in the form of Pre Experimental Designs with the design of One Group Pretest-Posttest Design. The study population is all students of Elementary School N Expenses year 2017/2018. Samples taken are 20 students of class V by using Probability Sampling technique which is a saturated sampling. The data in this research is obtained through observation and documentation. Based on the results of analysis of research data after getting treatment by using Group Investigation Media Algapapatan assisted obtained 15 students complete with 75% percentage and 5 students who have not completed with 25% percentage. This means that the completeness of studying students of grade V SD N Reban has reached completeness. The calculation of pretest and posttest learning outcomes is different, at the posttest average value is greater than the pretest is 73> 52. The average value of pretest and posttest is 21. This is evident in the final analysis by using t-test known t_hitung results greater than t_table is 6.284> 2.039 at a significant level of 5%. The conclusion is that there is influence in the use of Group Investigation Learning model of Media Algapapatan to students' science learning outcomes. Based on the results of this study the suggestion that can be submitted is that the learning model of Algapapatan Media Group can be used as an alternative teacher to teach.


Keywords : Media Algapapatan (artificial lung props), Group Investigation learning model.


Full Text: PDF