Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS III MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBANTU MEDIA FLIPCHART DI SD N GENUKSARI 02 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Fitri Kurniawati

Last modified: 2018-12-01

Abstract


Masalah penelitian ini adalah rendahnya rata-rata nilai ulangan harian mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi pokok kemampuan menulis karangan sederhana kelas III di SDN Genuksari 02 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III A SDN Genuksari 02 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain pretest-posttest control group design. Analisis data menggunakan Hipotesis Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa setelah menggunakan pembelajaran model make a match adalah 77,38. Pada analisis akhir menggunakan uji-t diperoleh thitung= 10,931. Sedangkan harga ttabel untuk responden sebanyak N = 44 dengan db-1 diperoleh 1,68. Karena thitungttabel maka H0ditolak dan  diterima.  Jadi, terdapat peningkatan kemampuan menulis karangan sederhana melalui penerapan model pembelajaran make a match berbantu media flipchart pada materi karangan sederhana mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III di SD N Genuksari 02 Semarang.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Make a Match, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia.


Abstract: The problem of this study is the low average daily re-examination value of Indonesian subjects on the subject matter of the ability to write a simple essay class III in SDN Genuksari 02 Semarang. This study aims to determine the effect of make a match learning model on student learning outcomes in the Indonesian class III A SDN Genuksari 02 Semarang. The type of research used is research expriment with pretest-posttest control group design design. Data analysis using TTest Hypothesis The results showed that the average score of students after using learning model make a match is 77,38. In the final analysis using t-test obtained ttest = 10,931. While the price of ttable for the respondent as much as N = 44 with db-1 obtained 1.68. Because ttest ≥ ttable then H0 is rejected and Ha accepted. Thus, there is an increase in the ability to write simple essay through the application of make-match learning model assisted flipchart media on the material of simple essay of Indonesian class III subjects in SD N Genuksari 02 Semarang.

 

Keywords: Make a Match Learning Model, Learning Result, Indonesia language

Full Text: PDF