Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTU MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN MUNCANGLARANG 03
Fahmi Khaerul Fikri, Supandi Supandi, Iin Purnama Sari

Last modified: 2018-09-04

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA belum mencapai KKM. Selain itu, proses pembelajaran yang monoton menyebabkan hasil belajar siswa masih rendah. Model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran karena kurangnya penggunaan media pembelajaran (alat peraga). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Model Pembelajaran Jigsaw Berbantu Media Diorama Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 03 Muncanglarang? Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Berbantu Media Diorama Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 03 Muncanglarang Kabupaten Tegal.  Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre Experimental Design dengan One Group Pretest-Posttes Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN 03 Muncanglarang 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 20 siswa kelas V dengan menggunakan teknik Probalitity Sampling merupakan sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Hasil perhitungan yang dilakukan terdapat 15 siswa yang tuntas dengan presentase 75% dan 5 siswa yang belum tuntas dengan presentase 25%. Hal ini berarti ketuntasa belajar siswa kelas V SD NEGERI 03 Muncanglarang telah mencapai ketuntasan. Perhitungan nilai hasil belajar pretest dan posttest terdapat perbedaan, pada nilai rata-rata posttest lebih besar dari pada prettest yaitu 72>60,8 selisi nilai rata-rata pretest dan posttest adalah 21. Hal ini terbukti pada analisis akhir dengan menggunakan t di ketahui hasil thitung dan ttabel yaitu 4,088056>0,19 Pada taraf signifikan 5%. Kesimpulanya bahawa adanya pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran jigsaw berbantu media diorama terhadap hasil belajar IPA siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah ruang kelas yang digunakan supaya diatur sedemikian rupa sehingga memudahkan dalam penyampaian materi. Model jigsaw dapat dilakukan jika adanya kerja sama yang baik antara guru dan siswa. Dalam penyanpaian materi, suara guru harus dapat didengar oleh seluruh siswa.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran jigsaw, Media Diorama, Hasil Belajar

 

Abstract: This research is based on the result of student learning toward science subjects have not reached KKM. In addition, the monotonous learning process leads to low student learning outcomes. Learning model used is less varied so that passive students in following learning because of lack of use of learning media (props). Problem formulation in this research is Is Jigsaw Learning Model Assisted by Influential Diorama Media on Learning Results of Science Class V SDN 03 Muncanglarang? The purpose of this study was to determine the effect of Jigsaw Learning Model Assisted Media Diorama Against Science Results Class V SDN 03 Muncanglarang Tegal regency. This research type is Pre Experimental Design research with One Group Pretest-Posttes Design. Population in this research is student of SDN 03 Muncanglarang 2017/2018. Samples taken are 20 students of class V by using Probalitity Sampling technique is a saturated sampling. The data in this research is obtained through observation and documentation. The results of the calculations performed there are 15 students who completed with a percentage of 75% and 5 students who have not completed with 25% percentage. This means that the level of learning of grade V SD NEGERI 03 Muncanglarang has reached completeness. The calculation of pretest and posttest learning result value is different, at posttest average value is bigger than prettest that is 72> 60,8 pretest and posttest mean pretest value value is 21. This is proven in final analysis by using t in know result of tcount and ttable that is 4,088056 > 0,19 At a significant level of 5%. Conclusion that the influence in the use of jigsaw learning model aided diorama media to the students' science learning outcomes. Based on the results of this study suggestions that can be delivered is the classroom that is used to be arranged in such a way as to facilitate the delivery of material. Jigsaw model can be done if there is good cooperation between teacher and student. In material delivery, the teacher's voice must be heard by all students.

Keywords: Jigsaw Learning Model, Diorama Media, Learning Outcomes


Full Text: PDF