Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN METODE TPR DENGAN PENDEKATAN LAGU GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCAKAP BAHASA INGGRIS SISWA
Ernita Tiara

Last modified: 2018-09-04

Abstract


Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya metode Total Physical Response (TPR) terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa SDN Purwogondo 03 Kabupaten Jepara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre eksperimental One-Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Purwogondo 03 Kabupaten Jepara  tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik sampling Non Probality Sampling. Berdasarkan analisis data hasil penelitian telah mendapatkan perlakuan bahwa hasil belajar bahasa Inggris yang dihitung menggunakan Uji-t dengan jumlah= 20 siswa dengan rata-rata Pretest 50,8 dan posttest 80,2 Hasil analisis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 9,016 dan koefisien tersebut signifikan pada taraf 5% dengan derajat kebebasan n-1 = 19 maka diperoleh ttabel = 2,093 yaitu diperoleh hasil thitung = 9,016 ≥ ttabel = 2,093 sehingga Ha diterima Ho ditolak. Sehingga dapat dikatakan bahwa “Penerapan metode Total Physical Response (TPR) Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas III SDN Purwogondo 03 Kabupaten Jepara” diterima kebenarannya.

Kata Kunci: Metode Total Physical Response (TPR), Hasil Belajar Bahasa Inggris

 

Abstract: Problems revealed in this research is how influential method of Total Physical Response (TPR) on the results of learning english class III SDN Purwogondo 03 Jepara District. The objective to be achieved in this research is to know how the influence of the method of Total Physical Response (TPR) to the students' english learning result SDN Purwogondo 03 Jepara District. This type of research is quantitative. The research design used was Pre Experimental One-Group Pretest-Posttest. The population used in this study is all students of class III SDN Purwogondo 03 Jepara District, amounting to 20 students. Sampling used in this research is sampling technique of Non Probality Sampling. The data in this study is obtained through the tested question by measuring and calculating the validity, reliability, degree of difficulty, and distinguishing power. Data analysis in this study using the test of normality, test mastery learning, and t-test.

Keywords: Method Total Physical Response (TPR), Learning Outcomes English


Full Text: PDF