Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR (Kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu [SDIT] Cordova Samarinda)
Dahri Taggi

Last modified: 2018-09-04

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil pendidikan karakter di sekolahdasar (SD). Tujuan penelitian tersebut mencakup deskripsi program pendidikan karakter danimplementasi pendidikan karakter di SD. Lokasi penelitian dilaksanakan Sekolah DasarIslam Terpadu (SDIT) Cordova Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif.Deskriptif atau narasi tertulis sangat penting dalam pencatatan data maupun untukpenyebaran hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian iniadalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik observasi dan wawancarayang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam. Teknik analisis data yangdigunakan adalah model interaktif, yaitu data dianalisis dengan langkah-langkah, yaitu (1)pembentukan data, (2) reduksi data, (3) paparan data, dan (4) penarikan simpulan danverifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan karakter disusunsesuai dengan misi sekolah. Misi SDIT Cordova Samarinda adalah membentuk siswa yangcerdas, bertaqwa, beramal sesuai dengan ajaran Islam dan mampu mengangkat harkat danderajat bagi kesejahteraan ummat di dunia dan akhirat. Implementasi pendidikan karakterdilakukan melalui strategi pendidikan karakter secara terpadu di sekolah, yaitu: pendidikankarakter secara terpadu dalam pembelajaran dan pendidikan karakter secara terpadu melaluikegiatan pembinaan kepesertadidikan. Pendidikan karakter secara terpadu dalampembelajaran tampak pada pembelajaran pendidikan karakter secara terpadu dalampembelajaran Agama, Olah raga, PKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan Matematika.Pembinaan kepesertadidikan tampak pada kegiatan shalat berjamaah, kepramukaan,kesenian, dan kemandirian.

 

Kata Kunci: profil pendidikan karakter, implementasi pendidikan karakter, SDIT


Full Text: PDF