Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
DESAIN MODUL IPA BERBASIS INQUIRY DAN INTEGRASI ISLAM-SAINS PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA
Eka Yulida Fitriani

Last modified: 2018-09-04

Abstract


Sistem pendidikan di Indonesia saat ini terlalu berorientasi pada aspek kognitif dan kurang memperhatikan sifat afektif. Bahan ajar yang digunakan di sekolah merupakan bahan ajar yang hanya berisi tentang pengetahuan umum saja. Modul berbasis inquiry dan berintegrasi islam-sains merupakan modul yang mengimplementasikan keterpaduan antara materi IPA dan kepribadian serta menggunakan pertanyaan yang mengarah pada penyelidikan. Pembelajaran berbasis inquiry memberikan dampak positif pada siswa dalam hal pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa, dan integrasi islam sains mengarahkan siswa agar mampu mengaitkan pembelajaran IPA dengan kepribadian islam sehingga dapat meningkatkan karakteristik  siswa. Pengembangan modul dilakukan menggunakan ADDIE model yang terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap analisis (analyse), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (development), tahap penerapan (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation). Modul berbasis inquiry dan berintegrasi islam-sains pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya dapat digunakan sebagai alternatif  bahan ajar IPA di SMP.

Kata Kunci: inquiry, integrasi islam-sains, modul


Abstract: The education system in Indonesia is currently too oriented towards the cognitive aspect and is less concerned with affective. Teaching materials used in schools is a teaching material that contains only about general knowledge only. The inquiry-based and integrated-islamic module is a module that implements the integration of science and personality materials and uses questions that lead to investigation. Inquiry-based learning has a positive impact on students in understanding the concepts and skills of students' science processes, and the integration of Islamic science leads students to be able to associate science learning with the Islamic personality so as to enhance the characteristics of students. Module development is done using ADDIE model consisting of five stages, analysis phase, design stage, development stage, implementation stage and evaluation stage. The inquiry-based module and the integration of Islam-science in the interaction matter of living creatures and the environment can be used as an alternative to teaching materials in junior high schools.

Keywords: inquiry, integrated islamic-science, module


Full Text: PDF