Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Siswa Kelas V SDN 3 Kedungrejo Grobogan
Eka Yulia Fitriana, Sunan Baedhowi, Husni Wakhyudin

Last modified: 2018-09-04

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil dari pola asuh demokratis orang tua dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa kelas V SDN 3 Kedungrejo Grobogan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru  dan siswa kelas V. Lokasi penelitian di SD Negeri 3 Kedungrejo Grobogan. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pola asuh demokratis orang tua belum berjalan maksimal. Dari pihak sekolah sebenarnya memberikan beberapa faktor pendukung dalam penerapan pola asuh demokratis orang tua, diantaranya adanya peraturan tata tertib sekolah. Akan tetapi dalam penerapan pola asuh demokratis orang tua setiap hari tidak sesuai dengan program sekolah dimana guru tidak melakukan penilaian saat proses kegiatan kedisiplinan berlangsung, sehingga siswa kurang disiplin setiap harinya.

Kata kunci : Pola Asuh Demokratis Orang Tua, Karakter Kedisiplinan


This study aims to determine the process and the results of parenting democratic parenting in shaping the character of discipline class V SDN 3 Kedungrejo Grobogan. This research uses qualitative approach with descriptive type. The subjects of this study were teachers and students of class V. Location of research at SD Negeri 3 Kedungrejo Grobogan. Data collection methods used with interviews, observation, questionnaires and documentation. Test data validity with technical triangulation and source triangulation. Data analysis using Miles and Huberman model is data reduction, data presentation (data display) and conclusion drawing / verification. The results showed that the implementation of parenting democratic parenting has not run optimally. From the school actually provides several supporting factors in the application of parenting democratic parenting, including the rules of school rules. However, in the application of parenting democratic parenting every day is not in accordance with school programs where teachers do not conduct assessment during the process of disciplinary activities take place, so that students are less disciplined every day.


Keywords: Parenting Democratic Pattern, Discipline Character


Full Text: PDF