Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
MENGASAH KEMAMPUAN HOTS, LITERASI, DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 5 SD DENGAN PROJECT BASE LEARNING MEMBUAT MAINAN BERBASIS GERAK DAN GAYA
Doni Riadi

Last modified: 2018-09-04

Abstract


Salah satu ciri pembelajaran abad 21 adalah kegiatan pembelajaran yang mengasah HOTS (high order thinking skill) dan literasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan HOTS, literasi, dan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD Alam Ar-Ridho TA. 2017/2018 dengan model belajar PjBL (project base learning) berupa  proyek membuat mainan berbasis gerak dan gaya. Tahap awal, siswa mengakses ragam literasi untuk mencari ide/inspirasi karya, kemudian dalam tahap proses pembuatan karya melibatkan kemampuan HOTS, yaitu : menganalisis (analyzing), mengevaluasi (evaluating), dan mengkreasi (creating). Pada tahap akhir, siswa mempresentasikan dan mendemonstrasikan hasil karyanya. Untuk hasil belajar IPA berupa tes tulis materi gerak dan gaya,  ketuntasan belajar siswa mencapai 90,9 % dengan nilai rata-rata 80,5.

Kata Kunci : HOTS, Literasi, project base learning, mainan berbasis gerak & gaya

Abstract : One of 21st learning characteristic is learning based on HOTS (high order thinking skill) sharpening and literacy. This goal research is to enrichment HOTS, literacy, and IPA learning result of 5th grade SD Alam Ar-Ridho students academic year 2017/2018 with PjBL model by making toys based on motion and force project. In the beginning, students access vary of literacy to find idea or inspiration, then in the process making toys, students using HOTS skill : analyzing, evaluating, and creating. In the last stage, students presented and demonstrated their project. For the IPA learning result by evaluation test of motion and force subject, students learning mastery is 90,9 %  and GPA 80,5.

Keywords : HOTS, Literation, project base learning, toys based on motion & force

Full Text: PDF