Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUTRA DAYANG UNTUK PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP WAYANG PANDHAWA PADA SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH SIROJUDIN MUNGKID
Asfari Asfari, Annida Nurul Arafati, Pratiwi Yuliarni

Last modified: 2018-09-04

Abstract


Penilitian ini berangkat dari permasalahan pemahaman siswa mengenai tokoh-tokoh wayang, hal ini dibuktikan dengan rendahnya nilai Bahasa jawa, salah satu pemicunya adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap wayang. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran mata pelajaran Bahasa Jawa pada materi tentang wayang pandhawa, yaitu Puzzle Tadisional Damdaman Wayang (PUTRA DAYANG) yang telah mendapatkan validasi ahli alat penelitian, perangkat pembelajaran, dan media pembelajaran serta telah diujikan. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau “Research and Development” (R & D) dengan langkah-langkah sebagai berikut: a) analisis kebutuhan, b) penyusunan draft media pembelajran PUTRA DAYANG, c) validasi ahli, dan uji coba produk. Uji ahli subjek penelitian diambil di SD Muhammadiyah Sirojuddin Mungkid. Responden dari penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas 4 dan guru mata pelajaran Bahasa Jawa. Subjek penelitian ini juga melibatkan 2 orang ahli materi, dan 2 orang ahli media pembelajaran. teknik pengambilan sampel secara sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif (statistik deskriptif). Penelitian dan pengembangan telah menghasilkan  perangkat  pembelajaran dan  prototype pembelajaran dan media pembelajaran PUTRA DAYANG. Produk tersebut telah mendapat validasi ahli materi dan pembelajaran dengan hasil valid untuk digunakan. Uji coba penggunaan media pembelajaran PUTRA DAYANG pada mata pelajaran Bahasa Jawa materi wayang pandhawa efektif untuk digunakan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis data pada uji Independent Samples Test dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar dengan pada kelas eksperimen (menggunakan media pembelajaran PUTRA DAYANG) dengan kelas control. Hasil output dari Descriptive Statistics diperoleh nilai mean posttest ekperimen lebih besar dari pada hasil posttest kelas control (77.7765 > 45.5555). maka media pembelajaran PUTRA DAYANG efektif digunakan pada pembelajaran bahasa jawa materi wayang pandhawa.

Kata Kunci: pembelajaran, PUTRA DAYANG, wayang pandhawa

Full Text: PDF