Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER (SENATIKOM)

Font Size: 
RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENALAN HARDWARE BERBASIS AUGMENTED REALITY DI SMK NEGERI 11 SEMARANG
Anisa Rizky Ratnasari, Nur Khoiri, Wijayanto Wijayanto

Last modified: 2018-11-29

Abstract


Siswa SMK Negeri 11 Semarang mengalami kesulitan dalam memahami materi pengenalan hardware karena media yang digunakan slide powerpoint, buku siswa/modul, presentasi dan alat peraga yang masih terbatas dan siswa tidak bisa membawa pulang untuk belajar dirumah.Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti ini bertujuan memanfaatkan teknologi Augmented Reality untuk pengembangan aplikasi pengenalan hardware berbasis Augmented Reality.Dalam proses pengembangannya peneliti menggunakan metode pengembangan peneliti dan pengembangan (Research & Development) yang terdiri dari 6 tahap yaitu tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi produk dan tahap ujicoba produk. Untuk pengujian kelayakan aplikasi menggunakan lembar angket uji validasi ahli materi dan validasi ahli media serta lembar respon pengguna (siswa). Peletakakan marker pada dua kubus yang akan diarahkan pada kamera sehingga mengasilkan objek yaitu Case CPU (Central Processing Unit), VGA Card (Video Graphic Adapter), Sound Card, Monitor, Pocessor, Harddisk, UPS (unit Power Supply), dan RAM (Random Acces Memory).Hasil dari penelitian menunjukan bahwa aplikasi pengenlan hardware berbasis Augmented Reality dalam kategori layak digunakan berdasarkan validasi ahli materi sebesar 84,79 %, validasi ahli media sebesar 84,48 % dan hasil angket respon pengguna (siswa) sebesar 87,61, sehingga dapat di simpulkan bahwa aplikasi pengenalan hardware berbasis Augmented Reality sangat layak digunakan.

Kata Kunci : Hardware, Augmented Reality, Marker


Full Text: PDF