Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
ADVERSITY QUOTIENT (AQ) : PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP
Septi Indah Sari, Kartinah Kartinah, Sugiyanti Sugiyanti

Last modified: 2017-09-28

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ketiga kategori Adversity Quotient mempunyai perbedaan dalam prestasi belajarĀ  siswa.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 4 Semarang kelas VIII Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui tes prestasi belajar matematika dan angket Adversity Quotient yang disebut Adversity Response Profile (ARP) .Data dianalisis dengan menggunakan analisis varian satu arah dan uji regresi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: ketiga kategori Adversity Quotient mempunyai perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika dan prestasi belajar siswa dengan kategori Adversity Quotient Climbers lebih baik dibanding prestasi belajar siswa dengan kategori Adversity Quotient Campers dan Adversity Quotient Quitters, prestasi belajar siswa dengan kategori Adversity Quotient Campers lebih baik dibanding dengan siswa yang mempunyai kategori Adversity Quotient Quitters.

Kata Kunci : Adversity Quotient (AQ), Prestasi Belajar.


Full Text: PDF