Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN GAME JEOPARDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP KESATRIAN 1 SEMARANG
Oktabela Dwi Anggraeni, Sunandar Sunandar, Rina Dwi Setyawati

Last modified: 2017-09-28

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Ketuntasan hasil belajar matematika secara klasikal dan individual pada kelas yang menggunakan model pembelajaran jigsaw dan TGT(2) pengaruh keaktifan terhadap hasil belajar pada  model pembelajaran jigsaw dan TGT berbantuan game jeopardy (3) perbedaan hasil belajar kelas jigsaw dan TGT  berbantuan game jeopardy (4) perbedaan hasil belajar dari  model jigsaw dan TGT  berbantuan game jeopardy serta (5) adanya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran jigsaw dan TGT  berbantuan game jeopardy. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pemilihan sampel dengan  teknik cluster random sampling. Terpilih Kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 1, VIII B kelas eksperimen 2, dan VIII F sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)  hasil belajar siswa kelas  eksperimen 1 dan eksperimen 2 tuntas klasikal maupun individual yaitu sebsar 80,5556% dan 77,7778%, (2) keaktifan berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa yaitu 82% pada kelas eksperimen 1 dan 88% pada kelas eksperimen 2, (3) hasil belajar kelas  eksperimen 1 lebih baik dari kelas kontrol  yaitu , (4) kelas eksperimen eksperimen 2  lebih baik dari kelas kontrol dengan  yaitu , (5) tidak  ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dengan diperoleh   yaitu , (6) terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen 1, eksperimen 2 dan kontrol diperoleh  yaitu .

.

 

Kata kunci: efektivitas, Jigsaw, Teams Games Tournament (TGT), game jeopardy, keaktifan siswa dan hasil belajar.


Full Text: PDF