Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN SISWA DI SEKOLAH DASAR
Joko Sulianto, Sunardi Sunardi, Sri Anitah, Gunarhadi Gunarhadi

Last modified: 2017-09-28

Abstract


Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mendapatkan profil pembelajaran yang berlangsung di sekolah dasar dalam meningkatkan penalaran siswa. Permasalahan dalam penelitian pengembangan ini adalah bagaimanakah profil pembelajaran di Sekolah Dasar saat ini untuk meningkatkan penalaran siswa?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan dengan subjek penelitian siswa Sekolah Dasar di Kota Semarang. Data diambil dengan cara observasi, kuisioner dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh profil pembelajaran sebagai berikut: profil pada aspek pembelajaran 70,8 (kriteria Baik), aspek pendekatan scientific 65,95 (kriteria cukup), aspek pendekatan open ended 67,29 (kriteria cukup), aspek penalaran 62,86 (kriteria Cukup) dengan mean profil pembelajaran keseluruhan 66,73 (kriteria cukup). Kesimpulanya perlu dikembangkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan penalaran siswa di Sekolah Dasar.

Kata Kunci: pengembangan, Profil Pembelajaran, penalaran


Full Text: PDF