Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL INOVASI PEMBELAJARAN

Font Size: 
PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN CD MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA
Diana Endah Handayani, Wawan Kurniawan

Last modified: 2014-05-02

Abstract


Prestasi belajar merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh guru di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki prestasi belajar fisika melalui pembelajaran dengan model problem based learning menggunakan media CD Multimedia ditinjau dari kemandirian siswa.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu XI IPA 6. Teknik pengumpulan data didapatkan dari tes prestasi belajar sedangkan untuk kemandirian siswa diukur melalui aktivitas belajar menggunakan angket. Uji hipotesis menggunakan anava tiga jalan dengan desain faktorial 2x2 dengan frekuensi sel yang tak sama.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pembelajaran dengan model problem based learning yang menggunakan CD multimedia terhadap prestasi belajar. (2) terdapat pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar; (3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan model problem based learning menggunakan CD multimedia dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar;

Kata kunci : Problem Based Learning, CD Multimedia, Kemandirian Siswa, Prestasi Belajar.


Full Text: PDF