Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL INOVASI PEMBELAJARAN

Font Size: 
MODEL PEMBELAJARAN SAINS DENGAN PERMAINAN DAKON UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA
Fenny Roshayanti, M. Syaipul Hayat, Filia Prima

Last modified: 2014-01-09

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan karakter melalui pembelajaran sains berbasis permainan dakon untuk siswa Sekolah Menengah Pertama. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis dan angket karakter dan dianalisis menggunakan N-Gain. Penelitian ini akhirnya menghasilkan deskripsi sebagai berikut: Dengan adanya pengembangan model permainan tradisional yaitu permainan dakon maka dapat diketahui hasil post test memiliki kategori N-Gain 0,61– 080 termasuk dalam kategori tinggi. Bisa dikatakan bahwa pencapaian nilai karakter yang diajar dengan menggunakan  model permainan dakon lebih tnggi dibanding sebelum dilaksanakan model pembelajaran dengan permaianan dakon.

Kata kunci: Permainan Dakon; Karakter


Full Text: PDF