Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL INOVASI PEMBELAJARAN

Font Size: 
INOVASI PEMBELAJARAN MENUMBUHKAN INSAN BERKARAKTER DI SD KELAS TINGGI
Mudzanatun Mudzanatun

Last modified: 2013-12-06

Abstract


Peningkatan kesadaran kualitas pembelajaran  telah dilakukan oleh para guru dan dosen. Beban kerja dosen yang dilaporkan setiap semester akan menggiring dosen selalu merefleksi kualitas mengajarnya. Uji kompetensi dan beban kerja guru juga merupakan kontrol stabilitas kerja guru sekolah dasar dan menengah. Kesadaran mengajar inovatiflah jawaban semua itu.

Pembelajaran inovatif merupakan pembelajaran yang selalu membuat pembaharuan dalam hal model, media, teknik penyampaian. Guru selalu mencermati hasil pembelajaran tahun lalu kemudian memperbaharui di tahun berikutnya. Pada kesempatan ini penulis hendak mengangkat pembelajaran inovatif dapat menumbuhkan insan berkarakter di SD kelas tinggi. Karya ini merupakan  hasil temuan penelitian dan pengabdian di SD. Karya  ini bertujuan  kualitas pembelajaran inovatif dapat menumbuhkan insan berkarakter di SD kelas tinggi.

Metode penelitian ini deskriptif kualitatif. Penulis menceritakan temuan dengan memperhatika kebermanfaatan dari hasil temuan tersebut. Tempat penelitian SD Gemah dan SD Jatingaleh 02. Ojek pengamatan peneliti proses pembelajaran ,karakter siswa dan inovatif pembelajaran.

Hasil yang diperoleh kedua guru SD yang diamati telah melakukan pembelajaran inovatif, memilih model pembelajaran yang tepat, pemilihan media yang cocok, pengelolaan kelas bagus. Penanaman karakter kepada siswa dengan teknik tauladan , pembiasaan dan pemebrian perngatan.

Simpulan penelitian ini pembelajaran inovatif dapat menumbuhkan insan berkarakter bagi siswa kelas tinggi di SD Gemah dan SD Jatingaleh 02.

 

Kata kunci : kualitas pembelajaran,inovasi pembelajaran, dan insan berkarakter.


Full Text: PDF