Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL INOVASI PEMBELAJARAN

Font Size: 
Penerapan Model Pembelajaran Inovatif pada Kelas PAUD
Muniroh Munawar

Last modified: 2013-11-25

Abstract


Pendekatan mengajar yang berpusat pada anak (child center) yaitu sebuah pendekatan pembelajaran yang memperhatikan kebutuhan anak usia dini, seperti kebutuhan anak untuk berekplorasi dengan lingkungannya melalui pengalaman panca inderanya, melakukan penyelidikan hingga menemukan pengetahuannya sendiri. Guru harus benar-benar memahami kebutuhan anak, yang mana hal ini dimulai dengan pemilihan model pembelajaran yang inovatif.

Model pembelajaran inovatif adalah suatu desain atau rancangan yang menggambarkan proses rincian dan penciptaan situasi lingkungan yang memungkinkan anak berinteraksi dalam pembelajaran yang menarik dan menyenangkan  sesuai dengan kebutuhan anak, sehingga terjadi perubahan atau perkembangan pada diri anak. Ada beberapa model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan kebutuhan anak usia dini, anatara lain: model pembelajaran inovatif berbasis konstruktivistik, kooperatif dan kelompok, serta kontekstual.

Dalam pembelajaran berbasis konstruktivistik, guru hendaknya memulai pembelajaran dengan apa yang diketahui anak. Ada empat ciri pembelajaran ini yaitu: problematik; mengembangkan proses diskoveri dan inkuiri;  kegiatan pembelajaran memacu proses ”sharing” atau berbagi pendapat, ide, kegiatan dan pemikiran baik antar individu maupun dalam kelompok; dan memacu anak untuk melakukan refleksi dan revisi terhadap struktur pengetahuan yang telah ia miliki untuk melahirkan pengetahuan baru. Pembelajaran berbasis kooperatif, anak belajar melakukan kerjasama antar teman sebaya dan antar komponen-komponen lain di sekolah. Kerjasama antarsiswa jelas terlihat pada saat kelas sudah memilih satu masalah untuk bahan kajian bersama, contohnya pada anak Taman Kanak-Kanak, belajar dalam kelompok meliputi kelompok kecil, sedang, dan besar. Selain itu, dalam model pembelajaran kontekstual, anak diajak belajar dari persoalan yang nyata dalam konteks kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, guru harus mengawali pembelajaran dengan pemilihan tema yang dihubungkan dengan pengalaman hidup nyata atau riil anak usia dini.

 

Kata Kunci: model pembelajaran inovatif, kontrukstifistik, kooperatif, kontekstual.


Full Text: PDF