Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL INOVASI PEMBELAJARAN

Font Size: 
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAN ICT PADA SISWA TUNA GRAHITA DI SLB
Ary Susatyo, CHr. Argo Widiharto, Filia Prima Artharina, Rina Dwi Setyawati

Last modified: 2013-10-21

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar pada anak berkebutuhan khusus, penguasaan hasil belajar yang diharapkan adalah keberhasilan yang meliputi kognitif maupun kecakapan pribadi-sosial. Hail belajar ini diukur sebagai dampak dari pengembangan model pembelajaran berbasis kearifan local dan ICT. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan yang menekankan pada pengembangan model pembelajaran IPA pada peserta didik yang berkebutuhan khusus (SLB/C) . Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yaitu pengembangan model pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal, sebuah pengembangan model pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa, kemampuan berkomunikasi, kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan sensomotorik pada materi pencemaran lingkungan.Pengambilan data menggunakan metode eksperimen semu one group pre test-post test design, yaitu merupakan bentuk dengan satu subyek penelitian, yaitu di SLB/C Ungaran. preetest dan posttest melalui  pembelajaran  berbasis kearifan lokal memiliki kategori N-Gain nilai karakter 0,41–0,60 dengan kategori sedang.Sedangkan kenaikan hasil belajarnya adalah 75%. Nilai N-Gain juga masih menunjukkan kategori sedang, halini dikarenakan Adanya beberapa siswa yang kurang mampu membaca dan menulis dengan baik dan lancer

 

 

Kata Kunci : Tuna Grahita, Kearifan Lokal, ICT


Full Text: Full Text