Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL INOVASI PEMBELAJARAN

Font Size: 
IMPLEMENTASI VARIASI MENGAJAR PADA MICROTEACHING MENGGUNAKAN MODEL LESSON STUDY BAGI CALON GURU FISIKA
Susilawati Susilawati

Last modified: 2013-10-10

Abstract


Permasalahan kualitas pembelajaran dalam kelas sangat dipengaruhi oleh kompetensi mengajar guru, salah satunya terlihat dari keterampilan guru dalam mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengekplorasi kemampuan calon guru dalam menerapkan keterampilan dasar mengajar menggunakan variasi mengajar dan mendeskripsikan kemampuan calon guru untuk menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembentukkan kemampuan. Pelaksanaan microteaching berbasis lesson study terdapat tiga tahapan yaitu plan, do dan see. Pada tahapan plan, mahasiswa menyusun perangkat pembelajaran secara kolaboratif. Pada tahapan do, mahasiswa menerapkan persiapan mengajar untuk memunculkan kemampuan menggunakan variasi mengajar. Pada tahapan see, terdapat reflective teaching di mana setelah pelaksanaan proses pembelajaran, mahasiswa calon guru diberikan kesempatan untuk menyampaikan hasil observasi pelaksanaan proses pembelajaran sebagai bahan masukan untuk perencanaan selanjutnya. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa calon guru tahun ajaran 2011/2012. Keterampilan calon guru dalam menggunakan variasi mengajar diperoleh melalui lembar observasi alat penilaian kemampuan calon guru dalam mengimplementasikan proses pembelajaran. Hasil pengamatan aktivitas microteaching menunjukkan ketercapaian ketuntasan indikator keterampilan dasar mengajar khususnya keterampilan dalam mengadakan variasi mengajar.
Keywords: lesson study, microteaching, variasi mengajar, pembelajaran fisika

Full Text: PDF