Seminar Universitas PGRI Semarang, “Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Profesionalitas Pendidik di Perguruan Tinggi dan sekolah”

Font Size: 
ANALISIS KESALAHAN KONSEP MATEMATIKA PADA BUKU AJAR MATEMATIKA SMA
Wijonarko Wijonarko

Last modified: 2012-10-04

Abstract


Sampul sebuah buku ajar  matematika ada tertulis “ Berdasar Kurikulum berbasis Kompetensi” atau “Berdasar KTSP” atau sejenisnya, dengan tulisan itu guru yakin bahwa buku itu layak untuk digunakan.  Dalam pembelajaran guru pada umumnya menjadikan buku sebagai salah satu acuan dalam proses pembelajaran. Apa yang tertulis dalam buku   itu yang disampaikan di depan kelas.  Jika yang tertulis itu benar tentu tidak ada masalah, namun demikian guru perlu mencermati isi buku, apakah isi buku itu sesuai dengan silabus ? sesuai dengan standar kompetensi yang hendak dicapai ?  dan lain lain.   Kenyataannya ada buku ajar matematika SMA/Madrasah yang tertulis salah, atau paling tidak perlu direnungkan lebih dulu sebelum materi itu dipelajari siswa.

Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Konsep Matematika, Buku Ajar