Seminar Universitas PGRI Semarang, “Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Profesionalitas Pendidik di Perguruan Tinggi dan sekolah”

Font Size: 
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER V KELAS MGMIPA BI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA IKIP PGRI SEMARANG KELAS RSBI PADA MATA KULIAH MATEMATI
Sutrisno Sutrisno, Heni Purwanti, Kartinah Kartinah

Last modified: 2012-10-04

Abstract


Penelitian ini berjudul “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Pendekatan Ketrampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Semester V Kelas MGMIPA BI Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Semarang Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi 2 Semester Gasal Tahun Pembelajaran 2011/2012”. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Semester V kelas MGMIPA BI Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Semarang pada mata kuliah Matematika Ekonomi 2 Semester Gasal tahun pembelajaran 2011/2012?”. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Semester V kelas MGMIPA BI Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Semarang tahun pembelajaran 2011/2012 terdiri dari 25 mahasiswa.

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pada siklus I dan siklus II diperoleh bahwa hasil pengamatan Dosen dalam melakanakan pengajaran mengalami peningkatan 10 % yaitu dari 85 % menjadi 95 %. Berarti pengajaran yang dilakukan Dosen sangat baik. Keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran matematika ekonomi 2 termasuk baik, terlihat dari kehadiran mahasiswa yang mengikuti pembelajaran 100% dan keaktifan mahasiswa mengalami peningkatan 2,25 % dari siklus I menjadi 82,5 % pada siklus II mencapai 84,75%. Hal ini dapat dilihat pada analisis pengamatan terhadap keaktifan mahasiswa.

Berdasarkan hasil pengamatan mahasiswa pada siklus II, bahwa sikap / tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran matematika ekonomi 2 dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Keterampilan Proses mengalami peningkatan 3,25 % yaitu dari 82,25% menjadi 85,5%.

Pelaksanaan pada siklus II dipandang sudah baik, karena berdasarkan nilai kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan, mahasiswa yang mendapat nilai > 6,5 sebanyak 25 mahasiswa dengan prosentase ketuntasan belajar 100 %. Secara garis besar pelaksanaan siklus II berhasil karena ketuntasan belajar secara klasikal sudah sesuai dengan keberhasilan yang di harapkan yaitu 85 %.

Saran dari peneliti diharapkan ada peneliti yang akan melakukan penelitian selanjutnya tentang penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Keterampilan Proses.

 

Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Ketrampilan Proses, Kelas RSBI