Seminar Universitas PGRI Semarang, “Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Profesionalitas Pendidik di Perguruan Tinggi dan sekolah”

Font Size: 
UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS MAHASISWA DALAM PROSES PERKULIAHAN FISIKA INTI MELALUI LESSON STUDY
Sigit Ristanto

Last modified: 2012-10-04

Abstract


Telah dilakukan upaya peningkatan aktivitas mahasiswa dalam proses perkuliahan Fisika Inti. Obyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 5 kelas F. Lesson study dilakukan sebanyak tiga siklus. Model, pendekatan dan metode yang digunakan sama akan tetapi skenario proses pembelajaran berbeda-beda. Model pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran langsung (Direct Instructions). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan konsep. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.  Tatap muka yang pertama lebih menekankan pada metode ceramah daripada metode yang lain. Tatap muka yang kedua semua metode mendapat porsi yang sama. Sedangkan pada tatap muka yang ketiga metode ceramah mendapat porsi paling kecil dibanding metode lainnya. Dari hasil evaluasi diketahui bahwa tatap muka yang kedua merupakan tatap muka yang paling besar dalam meningkatkan aktivitas mahasiswa diikuti tatap muka yang ketiga dan terakhir tatap muka yang ketiga.

Kata kunci: Lesson Study, aktivitas mahasiswa, pembelajaran langsung